MENCICIL IMPIAN

Rumah - - Seramb -

Apa mimpi Anda untuk rumah yang akan Anda tinggali sampai beberapa puluh tahun ke depan? Apakah rumah dengan kamar mandi masa kini, kamar tidur nyaman, plus taman asri? Apakah Anda berangan-angan memiliki rumah bertingkat dengan ruang keluarga bersahabat di lantai atas? Atau mungkin Anda bercita-cita memiliki dapur cantik yang luas sehingga Anda betah berlama-lama memasak di sana tanpa merasa bosan?

Sepertinya semua orang punya mimpi untuk rumahnya. Bahkan mungkin sejak belum membeli rumah, angan-angan itu sudah menari-nari di kepala.

Kalau pada akhirnya Anda membeli rumah yang jauh dari impian, seringnya bayang-bayang rumah idaman itu tak mau pergi. Ada yang kemudian mewujudkannya, ada juga yang tetap menjadikannya sebagai hayalan, karena dihalang-halangi oleh bujet. Beli rumah saja sudah menguras tabungan, bagaimana mau nambah ini-itu?

Jangan menyerah dulu. Bila untuk beli rumah kita bisa mencicil, mewujudkan rumah impian juga bisa dilakukan dengan “mencicil”. Caranya, tuangkan rumah impian Anda ke atas kertas—entah dalam bentuk daftar ruang-ruang atau dalam bentuk gambar denah. Setelah itu, urutkan berdasarkan prioritas, dan wujudkan satu ruang demi satu ruang, sesuai kondisi keuangan Anda.

Anda juga bisa membuat perencanaan keuangan, yang disesuaikan dengan perencanaan keluarga lainnya. Misalnya 2 tahun lagi anak Anda masuk SD, Anda bisa merencanakan untuk memperbaiki dapur 1 tahun setelahnya. Kemudian memperbaiki kamar mandi 1-2 tahun lagi setelah dapur. Bahkan Anda bisa membuat tabungan khusus untuk mewujudkan rumah idaman itu.

Ya, mewujudkan impian tidak selalu bisa instan. Perlahan-lahan pun tidak masalah, yang penting mimpi Anda tak cuma jadi hayalan semata. Dan kami, akan membantu Anda menjadikannya nyata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.