URUS SURAT TANAH Dalam 1 HARI

Ingin mengurus sertifikat tanah tetapi terkendala waktu karena Anda harus bekerja? Tidak perlu khawatir! Kini, kantor BPN membuka layanan mengurus surat tanah di akhir pekan. Jadi Anda tidak perlu bolos kerja sekadar mengurus surat tanah. Menariknya, meng

Rumah - - Halaman Depan - TEKS DAN FOTO EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com

Layanan mengurus surat tanah di akhir pekan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) ternyata sudah berjalan sejak satu tahun yang lalu. Nyatanya, masih banyak warga yang belum mengetahui layanan ini. Adi Nugraha (35), warga Tangerang Selatan mengaku bahwa bulan Maret lalu ia terpaksa bolos kerja demi mengurus surat tanah ke kantor BPN. Adi tidak tahu kalau BPN wilayah Tangerang Selatan sudah melayani pengurusan surat tanah di akhir pekan. “Saat sampai di kantor BPN, saya baru diberi tahu kalu ternyata mereka buka hari Sabtu dan Minggu,” kata Adi.

Menghindari Praktik Calo

Layanan akhir pekan di BPN ini merupakan salah satu langkah BPN untuk mengurangi praktik percaloan dalam mengurus surat tanah. Selama ini, banyak orang malas datang ke BPN untuk mengurus sendiri surat tanah mereka dan menyerahkan proses pengurusan ke calo. Alasan yang paling dominan adalah mereka tidak bisa bolos kerja atau terlalu banyak urusan di hari biasa. Padahal, biaya yang mereka keluarkan untuk mengurus surat tanah melalui calo jauh lebih besar dibandingkan mengurus sendiri.

Rendy (39) warga Serpong, Tangerang, mengaku dirinya pernah menggunakan jasa calo untuk mengurus surat tanah. “Waktu itu, saya harus mengeluarkan biaya Rp1,5 juta,” ucap Rendy. Padahal, dengan mengurus surat tanah sendiri, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp100.000-an saja. Biaya itu meliputi biaya pendaftaran, formulir, dan sertifikat tanah asli. Yang menarik, proses ini tidak memakan waktu yang lama karena jika semua syarat sudah terpenuhi, surat tanah dapat langsung jadi di hari itu juga.

JaM kerJanya BertaMBah

Tak hanya membuka layanan hari Sabtu dan Minggu, BPN juga menambah jam kerja di hari biasa. Di kantor BPN wilayah Kabupaten Bogor, misalnya. Sejak Oktober tahun lalu jam layanan kantor BPN Kabupaten Bogor ditambah 2 jam khusus untuk hari Senin, Selasa, dan Kamis. Dulunya beroperasi pukul 08.00—15.00 WIB, kini menjadi pukul 08.00—17.00 WIB. Tentunya, ini menjadi nilai plus bagi BPN dan sebuah keuntungan bagi Anda yang ingin mengurus surat tanah.

Hanya saja, nomor telepon yang tertera di website BPN pusat untuk menanyakan layanan Sabtu-Minggu ini sepertinya susah diakses. RUMAH sempat beberapa kali menghubungi nomor yang tertera di www.bpn.go.id, tetapi tidak ada petugas yang mengangkat. Padahal, Menteri Agararia dan Tata Ruang sekaligus Kepala BPN, Ferry Mursyidan Baldan, menyerukan perbaikan layanan BPN saat peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Nasional, tanggal 8 November lalu, termasuk di antaranya layanan Sabtu-Minggu di kantor BPN Jabodetabek dan kantor yang ditunjuk, serta pelayanan pertanahan di Car Free Day.

Kami merasa sayang saja jika semua perbaikan ke arah positif ini terdapat cacat. Kami berharap, semoga pelayanan ini terus ditingkatkan karena masyarakat terbantu dengan layanan ini. Apalagi, tak hanya mempermudah proses mengurus surat tanah tetapi biaya yang dikeluarkan pun terbilang rendah.

Sebelum mengantre anda harus mengambil nomor antrean di mesin ini layar sentuh ini.

Suasana pelayanan di kantor BPn kabupaten Bogor

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.