Agar Tabulampot Rajin Berbuah

Pohonnya berukuran kecil, ditanam di dalam pot, mudah dipindahpindahkan, dan berbuah lebat menjadi daya tarik tabulampot. Tapi setelah berbuah, kebanyakan tabulampot jadi malas berbunga dan berbuah kembali. Bagaimana agar tabulampot Anda rajin berbuah?

Rumah - - Eksterior - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com FOTO DOK.WILLIAMS NURSERY

Membicarakan tanaman buah dalam pot atau tabulampot memang tidak ada habisnya. Tabulampot disukai karena kita bisa memiliki tanaman berbuah meski memiliki halaman yang terbatas. Tampilan tabulampot juga menarik. Tidak terlalu tinggi untuk ukuran tanaman buah, tapi bisa berbuah lebat meski ditanam di dalam pot. Pastinya, tabulampot dapat membuat gemas siapa saja yang melihatnya!

Benarkah Sulit BerBuah lagi?

Hamidah (40) seorang warga Cipulir, Jakarta Selatan, memiliki beberapa tabulampot di rumahnya. Namun, ia kini enggan membeli tabulampot lagi karena tabulampot miliknya sekarang tidak pernah berbuah lagi. “Dulu, saat baru dibeli buahnya sudah banyak sekali, jadi gemas melihatnya. Tapi setelah dipetik malah enggak pernah berbuah lagi,” kata Hamidah.

Apa yang dialami Hamidah bisa juga dirasakan pemilik tabulampot lain. Jika sudah begini, tak jarang pemiliki tabulampot memindahkan tanamannya ke tanah dengan harapan akan berbuah lagi. Padahal, tanpa harus memindahkan ke tanah, tabulampot bisa rajin berbuah.

Yok William, pengelola Williams Nursery mengatakan tabulampot memang butuh perhatian khusus agar jadi rajin berbuah.“Paling penting adalah penyiraman,” ujar William. Karena ditanam di dalam pot, tabulampot tentu tidak akan menyerap unsur air dan unsur hara sebanyak tanaman yang ditanam di tanah.

Penyiraman tabulampot haruslah rutin, minimal sehari sekali. Saat penyiraman, perhatikan juga air benar-benar terserap ke dalam pot. Jangan menyiram hanya di permukaan media tanam karena air yang dibutuhkan tabulampot cukup banyak.

tergantung JeniSnya

Karakteristik tanaman tabulampot yang berbeda

membuat cara merawatnya pun berbeda juga. Misalnya saja tabulampot jambu air dan mangga. Kedua tanaman ini memerlukan kadar air yang lebih banyak dibanding jenis tabulampot lainnya.

Apabila tidak disiram beberapa hari saja, tabulampot jenis ini bisa mengering dan mati. Terlebih jika umur tanaman masih dibawah satu tahun. Bagi Anda yang termasuk orang-orang sibuk atau harus meninggalkan rumah dalam waktu lama, William menyaranan untuk memberikan infus atau botol air penyiram tanaman, untuk tabulampot jenis ini. Agar tabulampot rajin berbuah, Anda juga harus memilih jenis tabulampot yang sesuai dengan lingkungan tempat tinggal. Jika Anda tinggal di dataran rendah seperti wilayah Jakarta, maka pilihlah tabulampot mangga, jambu air, dan jambu biji. Namun apabila Anda tinggal di daerah sejuk di dataran yang tinggi, Anda bisa memilih tabulampot jeruk dan strawberry. Jadi, jangan salah pilih jenis tanamannya, ya?

LOKASI WILLIAmS NurSery, JALAN BOuLevArd GrAhA rAyA BINtArO, tANGerANG SeLAtAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.