BUKU-BUKU

Rumah - - Laporan Utama -

Menurut Enira Arvanda, dosen interior Universitas Indonesia, Anda dapat menyimpan bukubuku tersebut berdasarkan topik atau tema buku layaknya sebuah perpustakan. Selain itu, Anda juga dapat menyusun buku berdasarkan kecilnya ukuran buku.

Fredi Indra, arsitek Studio Renarendra juga mengatakan untuk penyimpanan ini lebih fokus pada kebutuhan Anda. Selain itu, intensitas pemakaian juga menentukan bentuk storage yang digunakan. Misal untuk buku, mainan, atau dokumen penting yang tiap hari dipakai, letakkan penyimpanan di area yang mudah dijangkau. Misal, rak terbuka atau lemari. Simak tip lainnya agar koleksi buku-buku Anda tetap tertata rapi berikut ini. Rak untuk novel harus dipisahkan dengan rak ensiklopedia. Alasannya sederhana, meski sama-sama jenis buku, keduanya memiliki ukuran dan berat yang berbeda. Berat barang-barang yang akan disimpan dalam sebuah rak otomatis akan menentukan tebal, panjang, dan kapasitas rak. Hal ini perlu diperhatikan agar rak tidak mudah melendut atau patah. Sebaiknya buku tersimpan di lemari tertutup karena rentan berdebu dan membuat buku kuning atau jamuran. Supaya tetap gampang dilihat, sebaiknya pintu penutupnya terbuat dari kaca. Kalau rak buku yang Anda gunakan terbuat dari kayu, pastikan bahwa rak cukup kokoh agar cukup kuat menanggung bobot bukubuku yang berat untuk jangka waktu yang lama. Letakan buku di rak dalam posisi berdiri. Buku memang dirancang untuk diletakan dalam posisi berdiri. Jangan pernah meletakan buku dengan posisi punggungnya menghadap atas. Dengan posisi begitu, tekanan gravitasi akan membuat kerapatan jilid buku menjadi kendor; ujung-ujungnya, kertas-kertas buku bisa lepas dari jilidnya.

LOKASI KeDIAMAN eDI GUNAWAN, APARTeMeN GADING NIAS, JAKARTA UTARA

ARSITEK eDI GUNAWAN, De ARCH, FX SUDIRMAN, JAKARTA dengan meletakkan buku-buku pada ambalan yang menempel di dinding, anda tak memerlukan ruang yang terlalu banyak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.