WALAU KECIL, JANGAN DITELANTARKAN

Barang-barang ini sering kali terlupakan. Padahal, lama-lamaan akan menumpuk dan membuat rumah berantakan.

Rumah - - Laporan Utama - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com

Saat sedang tidak dibutuhkan, perkakas rumah dapat dengan mudah tercecer di berbagai tempat di rumah Anda. Namun saat sedang dibutuhkan, peralatan yang dicari seolah menghilang entah ke mana. Walaupun jarang digunakan, perkakas ini tak boleh luput dari pandangan Anda.

Semua perkakas harus disimpan pada tempatnya sebab bila tidak, peralatan ini akan menumpuk dan tercecer ke ruang lain. Sedari awal, Anda juga perlu memikirkan penyimpanan untuk penyimpanan perkakas ini.

Menurut Fredi Indra, penyimpanan perkakas ini lebih fokus pada kebutuhan pemilik rumah. Selain itu, intensitas pemakaian juga menentukan bentuk penyimpanan yang digunakan. Misal, untuk perkakas dan peralatan yang tiap hari dipakai, letakkan penyimpanan di area yang mudah dijangkau dan berdekatan dengan area kerja. Rak peralatan kebersihan ditempatkan dekat area servis, perkakas, dan alat bengkel, alat listrik diletakan di garasi.

Fredi menambahkan, kasus berbeda jika pemilik memiliki anak kecil, penyimpanan untuk peralatan dan perkakas yang dianggap berbahaya, harus dibuatkan kunci ekstra, atau dijauhkan dan disembunyikan dari jangkauan anak-anak. Simak tip lainnya bagaimana menyimpan perkakas berikut ini! • Simpan alat-alat rumah tangga tersebut sesuai dengan kategorinya. Misalkan alatalat pertukangan, alat-alat pembersih, alat-alat berkebun dan lain sebagainya. Bila perlu, tempatkan tulisan pada masingmasing rak untuk memudahkan Anda mencari alat yang diperlukan saat dibutuhkan. • Perhatikan intensitas pemakaian barang-barang yang akan Anda masukkan dalam gudang. Jika barang itu dirasa akan digunakan dalam jangka waktu dekat atau bahkan masih sering digunakan, seperti alat-alat elektronik atau perkakas rumah tangga, seperti obeng, paku, palu dan sebagainya, sebaiknnya Anda meletakkannya di sudut yang gampang dijangkau dan terlihat oleh mata.

anda dapat meletakkan alat kebersihan di kabinet tV.

Foto JoU ENDHY PESUARISSA loKaSi KEDIAMAN NENCY MANURUNg, APARTEMEN PANCoRAN RIVERSIDE

DeSaineR inteRioR FREDI INDRA, STUDIo RENARENDRA

bila pintu dibuka, ruangan ini terdapat sapu, pel, dan alat kebersihan lain di dalamnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.