SEMEN ANTI-AIR

Rumah - - Material -

Semen anti-air ini merupakan jawaban atas segala permasalahan konstruksi yang rentan terhadap air. Salah satu inovasi semen anti-air diproduksi oleh SCG Jayamix, semen anti-air ini merupakan semen yang dirancang khusus untuk melindungi bagianbagian tertentu di dalam rumah atau bangunan yang sering bersinggungan dengan air, seperti area luar, kamar mandi, dan kolam renang. Atthapol Phongcharoensuk, Branding & Marketing Manager SCG Cement-Building Materials menjelaskan setelah semen diproses menjadi sebuah bidang (atap, dinding, plat lantai, kolom struktur, balok struktur, dan masih banyak lagi), maka bidang tersebut akan memiliki kerekatan pori-pori yang sangat bagus sehingga mampu menahan intensitas air yang masuk.

Keunggulan lain dari material ini adalah ia dapat meningkatkan daya tahan struktur dan memiliki kuat tekan lebih tinggi di atas 56 hari. Untuk saat ini, semen anti-air ini belum diperkenalkan secara resmi ke publik. Atthapol menuturkan SCG Jayamix secepatnya akan memasarkan semen ini ke retail-retail dan toko bahan bangunan di seluruh Indonesia. Sementara itu, mengenai harga Attaphol membeberkan karena ini semen khusus maka harganya akan lebih tinggi ketimbang semen pada umumnya.

Seperti halnya SCG Jayamix, Duta Sarana Perkasa (Dusaspun) pun akan mengeluarkan semen anti-air yang diberi nama Semen Titious. Semen Titious merupakan koleksi terbaru dari RAPI Hijau Perkasa. Menurut Teresia Nina, Sales Representative RAPI Hijau Perkasa, Titious merupakan semen dengan fitur waterproofing yang berfungsi untuk mengurangi daya serap air ke dalam tembok. Sehingga mencegah timbulnya bercak ompol dan rembes.

“Bila semen sudah diaplikasikan ke tembok, mungkin airnya masih akan terserap tapi jumlahnya akan jauh lebih sedikit sehingga tidak akan muncul bercak ompol atau rembes,” ujar Nina.

Bahan pengikat khusus yang terdapat di dalam semen ini menjadi salah satu faktor yang membuat air tidak mudah masuk ke dalam beton. Semen ini dapat diaplikasikan di semua sudut yang rawan terkena air, seperti dinding kamar mandi dan fasad rumah. Sama halnya dengan semen anti-air milik SCG, Titious Waterproofing milik RAPI pun belum diluncurkan ke pasaran. Semen Titious baru akan diperkenalkan ke publik pada Desember tahun 2015 ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.