Si Tipis Penghalau Panas

Identik dengan otomotif, kaca film ternyata dapat digunakan untuk menyejukkan hunian Anda.

Rumah - - Material - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO REPRO JOU ENDHY PESUARISSA

Di ranah otomotif, kaca film menjadi fitur yang wajib diaplikasikan untuk menghalau panas yang masuk ke dalam mobil. Namun, siapa sangka si tipis berbahan kaku ini juga bisa diaplikasikan pada kaca jendela hunian. Indra Halim, Flat Glass Divison Manager PT V-Kool Indo Lestari, mengungkapkan kaca film menjadi salah satu solusi aktif dalam menyejukkan interior, baik interior mobil maupun hunian. Indra menjelaskan hawa panas dari matahari yang masuk di dalam rumah sebenarnya disebabkan oleh panas infrared dan radiasi ultraviolet, sedangkan cahaya matahari justru memberikan dampak baik pada ruangan, seperti membuat terang dan mencegah tumbuhnya jamur.

“Kaca film yang baik adalah kaca film yang mampu mereduksi panas infrared dan radiasi ultraviolet semaksimal mungkin, tetapi dapat tetap mempertahankan cahayanya,” ujar Indra menjelaskan.

Namun, selama ini masyarakat hanya menganggap kaca film sebagai bagian dari mobil, bukan rumah. Oleh sebab itu, produsen kaca film V-Kool mencoba meluruskan pemahanan tersebut dengan mengeluarkan produk kaca film khusus bangunan. Adalah IQUE 73 dan IQUE 53 dari V-Kool yang mengantongi teknologi khusus dalam menghalau panas.

IQUE 73 berfungsi untuk menolak 94% sinar infrared dan 99% sinar ultraviolet, serta meneruskan cahaya sebesar 70%. Hal ini membuat kaca ini cocok diaplikasikan untuk ruang yang memerlukan tingkat penerangan tinggi dan penolakan panas optimal, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan lainnya.

Sedangkan tipe IQUE 53 dilengkapi fitur khusus yang dapat memberikan pengendalian panas yang lebih optimal, karena dapat menolak panas infrared sebesar 53%. Sementara itu, kemampuan meneruskan cahayanya sebesar 58% sehingga ruangan menjadi agak gelap dibandingkan dengan penggunaan tipe IQUE 73. Selain cocok diaplikasikan di jendela dan dinding kaca, tipe IQUE 53 juga cocok diaplikasikan untuk kaca skylight. Di beberapa negara Asia Tenggara, kaca film V-Kool sudah banyak diaplikasikan untuk hunian, sedangkan di Indonesia yang masih jarang. Di Indonesia harga kaca ini dibanderol Rp1,5 juta-Rp3,3 juta per m2.

DOK. KATALOG V-COOL

Setelah menggunakan V-Kool IQUE 73.

Setelah menggunakan kaca film V-Kool IQUE 53.

Sebelum menggunakan kaca film V-Kool 53.

Sebelum menggunakan kaca film V-Kool IQUE 73.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.