Renovasi tanpa Mengubah Fasad

Rumah - - Konsultasi -

THalo Redaksi RUMAH dan Pak Wijoyo.

Saya akan membeli sebuah rumah di pengembang kecil di daerah Depok. Lahan yang tersedia berbentuk trapesium seperti denah terlampir. Rumah ini menghadap utara, dengan jalan depan merupakan jalan milik perumahan. Saat ini rumah akan dibangun oleh developer (seperti denah terlampir), namun saya diperbolehkan mengubah sedikit layout tanpa mengubah tampak muka.

Di samping ruang-ruang yang telah ada, saya menginginkan ada tambahan dapur dan ruang servis di area belakang. Di lantai dua, ruang tidur yang dibuat developer dindingnya miring. Mungkinkah dinding tersebut dibuat lurus? Mohon bantuan dari Pak Wijoyo. Salam,

Novita

J Halo Ibu Novita. Terimakasih atas pertanyaannya.

Sekiranya rumah Anda belum dibangun, tentu akan lebih mudah untuk merenovasinya. Tentunya dengan tidak merubah fasad bangunan, sesuai ketentuan developer.

Kalau saya lihat antara denah lama dengan lahannya, memang ada perbedaan kemiringan pada sisi miringnya. Kemungkinan developer hanya menggunakan gambar yang sama dengan tipe lahan miring lainnya, sehingga ada sisa ruang kosong yang tanggung antara dinding rumah dan dinding pagar. Namun apabila dinding rumah diteruskan hingga bertemu dengan dinding pagar pembatas, bangunan tetap akan miring, karena lahannya memang berbentuk trapesium.

Kebetulan bentuk atap rumah menggunakan atap pelana, jadi untuk mengembangkan dan menambahkan dinding Anda tidak perlu membongkar atap. Anda tinggal meneruskan atap hingga ke dinding pembatas yang miring. Sedangkan penambahan ruang ke belakang, cukup dengan dak lantai beton dengan atap transparan untuk area jemur.

pintu pindah ke depan

Saya memindahkan pintu utama ke depan dan menambahkan teras kecil di bawah kanopi beton yang sudah ada. Kemudian ruang kosong di bagian depan bisa dijadikan sebagai ruang keluarga sekaligus ruang tamu. Dinding di bagian depan ruang kosong kalau dibolehkan oleh developer, bisa ditambahkan jendela, agar ada cahaya yang masuk ke ruang keluarga ini.

Ke belakang, saya membuatkan dapur yang terpisah dari rumah induk. Anda bisa saja menambahkan pintu dan dinding pembatas antara dapur dengan ruang makan, kalau menyukai dapur yang terpisah. Namun saya lebih menyarankan dapur yang terbuka menyatu dengan ruang makan, sehingga membuat rumah menjadi terasa lebih luas.

Di sisa halaman belakang saya buatkan tangga besi lurus untuk mencapai ke dak atap dapur yang sekaligus menjadi ruang cuci dan jemur. Tangga servis dapat Anda samarkan dengan membuat dinding bata kerawang atau rambatan tanaman dari besi, yang nantinya akan menutupi tangga, namun tetap terbuka.

kamar mandi pindah

Di lantai 2, saya memindahkan kamar mandi. Dengan demikian, ruang tidur utama akan menjadi lebih luas dari sebelumnya, sedangkan kamar mandi lantai 2, yang merupakan kamar mandi bersama juga akan menjadi lebih luas. Letak kamar mandi yang baru ini membuatnya tidak berada di atas dapur Anda.

Kiranya demikian jawaban yang bisa saya berikan. Semoga Anda berkenan dan bisa diajukan ke pihak developer untuk dapat dibangun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Salam.

DENAH LT. 1

1. Carport 2. Teras 3. Ruang keluarga/ruang tamu 4. Ruang makan 5. Dapur 6. Kamar mandi 1/ powder room

DENAH LT. 2

7. Hall 8. Ruang tidur anak 9. Ruang tidur utama 10. Kamar mandi 2 11. Ruang cuci dan jemur

DeNAH ASAL

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.