PERKEMBANGAN KONSEP HUNIAN DI TENGAH KOTA

Rumah - - Properti -

AWAL TAHUN 90-AN

SebeIum masa krisis, ibukota melakukan pembangunan besar-besaran termasuk di dalamnya apartemen. Keterbatasan lahan membuat pengembang bersiasat dengan membuat hunian vertikal untuk memenuhi kebutuhan rumah di Jakarta. Hunian vertikal yang didirikan terdiri dari beberapa kelas, mulai dari rumah susun (rusun) hingga apartemen mewah.

PERTENGAHAN 90-AN

Mulai muncul konsep hunian town house. Awalnya town house ditujukan untuk para warga asing atau ekspatriat yang bekerja di Indonesia. Karena konsep town house sendiri sebenarnya diadopsi dari rumah-rumah pusat kota yang berdiri di kota besar di Amerika Serikat.

AWAL TAHUN 2000-AN

Apartemen semakin menjamur di ibukota. Begitu juga dengan town house yang semakin diminati bukan hanya oleh waga asing tapi juga oleh warga asli Indonesia. Town house semakin banyak dibangun di wilayah Jakarta bahkan di wilayah pinggiran Jakarta.

TAHUN 2010-SEKARANG

Apartemen dan kondominium semakin berkembang. Begitu juga perumahan klaster atau town house. Selain itu muncul konsep hunian baru yang menyatukan konsep apartemen dan town house. Perpaduan konsep inilah yang menghadirkan perumahan di atas gedung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.