PRODUK BARU! Cat ANTI-NYAMUK

Selain mempercantik ruang, cat ini mampu mengusir nyamuk dan serangga penganggu.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO SHINTA MELIZA

Musim hujan telah tiba, saatnya mengencangkan kewaspadaan Anda pada penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, penyakit yang penyebarannya melalui nyamuk Aedes Aegypti ini sangat berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan kematian. Nyamuk ini sangat menyukai tempat lembap, gelap, dan tempat-tempat yang dekat dengan air. Sehingga, saat musim hujan populasi nyamuk ini cenderung bertambah.

Menurut Prof. Upik Kesumawati, ahli parasitologi dan entomologi kesehatan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, kasus DBD cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2008, sebanyak 136.333 kasus DBD dilaporkan dengan total kematian 1.170 jiwa. Jumlah kasus DBD ini pun meningkat di tahun 2009, yakni sebanyak 154.855 dengan total kematian 1.384 jiwa.

Berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan nyamuk ini terus dilakukan, salah satu yang terbaru adalah dengan penggunaan cat tembok antinyamuk. Ya, menjawab kebutuhan konsumen akan bahaya nyamuk di Indonesia, ada 2 produsen cat meluncurkan produk cat anti-nyamuk dan serangga ke pasaran, yaitu Puffin Paint (Puffin Insect Guard) dan PT Kansai Prakarsa Coatings (Kansai Paint). Kemunculan dua produk ini menjadi salah satu cara cantik untuk mengusir nyamuk.

PUFFIN INSECT GUARD

Puffin Paint meluncurkan produk cat anti-nyamuk bernama Puffin Insect Guard. Cat tembok ini dibuat dari bahan pengikat akrilik khusus dan mengandung ekstrak biologis serta tumbuhan yang dapat membuat serangga—nyamuk, kecoa, semut, lalat, dan jenis serangga lain—tak berani singgah.

Erwin Wijaya, Direktur Puffin Paint, mengungkapkan bahan baku Puffin Insect Guard sudah lulus tes dan terdaftar di Health & Safety Executive (HSE) Inggris, sehingga aman digunakan. Cara mengaplikasinya pun terbilang mudah, laiknya mengecat tembok pada umumnya.

KANSAI ANTI-MOSQUITO

PT Kansai Prakarsa Coatings (Kansai Paint), anak perusahaan Kansai Paint Co Ltd, mengeluarkan produk cat Kansai Anti-Mosquito. Elizabeth T. Sutrisno, Sales and Product Manager Decorative Division of PT Kansai Prakarsa Coatings, mengungkapkan sebelum meluncurkan produk Kansai Anti-Mosquito, Kansai Paint telah melakukan berbagai riset dan pengujian di Jepang, Malaysia, Afrika Selatan, dan Indonesia.

Di Indonesia, riset dan pengujian dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor. Hasilnya, Kansai Anti-Mosquito mampu menghalau nyamuk hingga 90% dan memberikan perlindungan hingga 2 tahun. Komposisi bahan yang terkandung dalam cat ini terbukti dapat menurunkan kemampuan nyamuk untuk mencari mangsa, mengganggu fungsi syaraf nyamuk dan serangga lainnya, serta menghalau nyamuk secara terusmenerus selama 24jam/hari.

Beberapa keunggulan lain yang dimiliki cat ini antara lain aman digunakan, mudah dibersihkan, memiliki hasil akhir halus, daya tutup baik, warna yang tahan lama, dan anti-jamur dan lumut. Elizabeth menambahkan cat anti-nyamuk ini juga terbilang ekonomis. Pasalnya, ia memiliki daya sebar 11—15m2/liter/lapis dan hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk kering sempurna. Tertarik mengaplikasi kedua cat anti-nyamuk ini?

LOKASI RUMAH KEDIAMAN REINIR SANURIANSYAH DAN CUT LISA HANIDA. KEMANG PRATAMA, BEKASI

ARSITEK IR. FAISAL SABIRIN, PT AMTARA NIRMALA, KALIBATA TENGAH

Meski ada cara lebih mudah dalam mencegah gigitan nyamuk,

Prof. Upik Kesumawati, tetap menganjurkan untuk melakukan aksi 3M Plus yang dilakukan

minimal 1 minggu sekali. Pencegahan dengan cara ini mampu mengurangi pertumbuhan jentik

jentik nyamuk di rumah Anda.

TIP

Kemasan Kansai Paint akan masuk ke retail dan toko bahan bangunan pada Desember 2015.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.