PROPAN ADAKAN SAYEMBARA DESAIN ARSITEKTUR NUSANTARA 3

Rumah - - YANG BARU - Winda Dewantary

Setelah berhasil mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara bertema Desa Wisata pada tahun 2014—2015, kali ini PT Propan Raya I.C.C. kembali mengadakan acara serupa, yaitu Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 3 tahun 2015. Tema yang terpilih pada sayembara kali ini adalah “Desain Bandar Udara Nusantara”.

Pemilihan tema kali ini dilatarbelakangi oleh kondisi bandar udara yang ada di Indonesia saat ini. Hampir semua bandara yang terbangun masih belum mempresentasikan ciri khas atau kearifan lokal suatu daerah baik dilihat dari sisi bentuk maupun arsitekturnya. Kebanyakan bandara yang dibangun diadopsi dari konsep desain arsitektur dunia barat. Dengan adanya sayembara ini diharapkan dapat memperkaya desain arsitektur bandar udara yang ada di Indonesia yang memiliki cita rasa budaya lokalnya.

Bandar Udara Mali di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, terpilih sebagai bandar udara yang akan dibangun kembali. Lokasi ini dipilih karena Alor memiliki pesona wisata yang sangat indah dan menjadi lokasi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sementara, dilihat dari sisi bandar udara, kondisinya masih dianggap kurang layak dan kurang menampung wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke tempat ini.

Ya, pembangunan bandar udara di Mali juga menjadi upaya untuk meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia khususnya di Alor dan sekitar, sekaligus melestarikan arsitektur nusantara. Dengan adanya bandar udara baru yang merepresentasikan kekayaan budaya Indonesia juga diharapkan dapat meningkatkan penerimaan devisa negara. Karena, akses bagi wisatawan jadi lebih mudah.

Selain dilihat dari sisi lokalitasnya, penilaian juga akan dilihat dari aspek desain dan standarisasi yang wajib ada saat merancang bandar udara. Meliputi aspek keselamatan, kemanan, kenyamanan, dan kemudahan perawatan bagi pengelola bandar udara. Untuk memberi edukasi dan pemahaman mengenai bandar udara, PT Propan Raya I.C.C. melakukan roadshow di 3 wilayah, yaitu Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Acara sayembara ini juga didukung Kementrian Perhubungan, Kementrian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif, serta berbagai lembaga terpercaya seperti IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia), INIAS Resourse Center, GBCI (Green Building Indonesia) dan Rumah Asuh. Untuk info lebih lanjut mengenai Sayembara Desain Bandar Udara Nusantara 3 tahun 2015 ini, Anda dapat mengunjungi website arsitekturnusantara.propanraya.com. Ingat, ada hadiah menarik menanti Anda!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.