Pameran Hijau Indoor Pertama

Rumah - - Yang Baru - IRFAN HIDAYAT

IALI (Ikatan Arsitektur Lansekap Indonesia) Surabaya sukses mengadakan pameran bertajuk Surabaya Garden Festival 2015 pada tanggal 30 November—6 Desember 2015 lalu. Didukung IALI Nasional dan International Federation Landscape Architect Asia Pasific Regiona (IFLA APR), pameran ini bergengsi hingga tingkat Internasional. “Kami sangat mengapresiasi, ini adalah gebrakan baru, event pertama yang perlu dikembangkan oleh rekan-rekan di daerah lainnya,” kata Dr. Ir. Siti Nurisyah, perwakilan IALI Nasional.

Pameran ini memang telah dipersiapkan lama oleh tim IALI Surabaya. Menurut tim inti pelaksana (Miſta, Rohma, dan Zwasty) mengungkapkan bahwa karena ini adalah proyek dan acara pameran indoor (dalam ruang) hijau pertama, sangat sulit mencari studi kasus event serupa sebelumnya. Kebanyakan acara di outdoor (luar ruang). Tetapi, mereka bersyukur karena selama mempersiapkan hingga acara terlaksana, banyak yang mendukung baik instansi, praktisi, komunitas, maupun perusahaan, sehingga pameran ini dapat terselenggara dengan baik, bahkan sampai tingkat Internasional.

“Kami dari IALI Surabaya memang ingin mengusung di indoor agar lebih dekat dengan masyarakat. Kenapa di mal? Selain praktis, masyarakat umum yang hendak berbelanja bisa menengok dan belajar dari kami. Harapannya, mereka secara langsung teredukasi bagaimana menghijaukan ruang dari perspektif yang berbeda-beda dan bisa mengikuti kegiatan kami dengan gratis,” ujar Anddys Firstanty, ST. MA., ketua IALI Surabaya.

Tak hanya pameran, acara ini juga diisi dengan kegiatan seminar, talkshow, workshop, dan pertunjukkan. Selain pembicara lokal dari universitas ternama, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan Universitas Brawijaya, acara ini juga mendatangkan pembicara Internasional. Salah satunya adalah praktisi alat bermain Playpoint, yang membawakan talkshow bertema “How To Set Safety Playground”.

Acara ini direncanakan akan menjadi agenda tahunan. Gogiek, perwakilan dari Komunitas Asosiasi Kontraktor Lansekap Indonesia (AKLANI) Jatim mengungkapkan bahwa melihat acara ini seperti mendapat semangat baru setelah bertahun-tahun tidak diadakan acara serupa. Begitu pula dengan komunitas Aquascpae dan Hidroponik yang tidak pernah sepi pengunjung dan memberikan workshop, yang sangat menunggu acara berikutnya.

“Dari ribuan langkah, dimulai dari langkah pertama. Dan seringkali, langkah pertama itu yang sangat berat karena harus menghadapi banyak tantangan. Setelah berhasil, jangan dihentikan, lanjutkan dan kembangkan. Edukasi hijau ini dipersembahkan bagi semua kalangan,” tutup ketua IALI Surabaya. Sampai Jumpa di Surabaya Garden Festival 2016. Salam Hijau! Go Green Rek!

Foto bersama semua rekanan yang terlibat di kegiatan Surabaya

Garden Festival 2015.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.