Semuanya Ada di Sini!

Tak perlu repot berpindah tempat untuk berburu material. Di sentra material Pinangsia, Anda bisa menemukan berbagai jenis material dengan kualitas terjamin.

Rumah - - Material - TEKS FOTO

EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com

AKHMAD MAULANA

Apabila Anda belum pernah berbelanja di sentra material Jalan Pinangsia, Jakarta Barat, jangan bayangkan sentra ini terletak di jalan besar dengan toko material yang berderet di pinggir jalan. Lokasi sentra material Pinangsia sedikit unik daripada sentra material lainnya yang ada di Jakarta. Jalan Pinangsia terbilang sempit, karena terletak agak masuk dari jalan utama. Jalanan tempat toko material berderet ini semakin sempit karena banyak mobil pengangkut material serta mobil milik konsumen yang terparkir di kiri-kanan jalan. Belum lagi, bahan material dagangan yang tak jarang dibiarkan menumpuk di depan toko. Tapi itulah yang menjadi ciri khas dari kawasan ini.

Toko-toko material di Pinangsia rata-rata mulai buka pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis bahan bangunan. Mulai dari keramik lantai, keramik dinding, lantai kayu, peralatan saniter, hingga engsel dan kunci. Material impor yang unik-pun bisa Anda dapatkan di sini. Contohnya saja granit tile impor keluaran Malaysia yang memiliki efek berkilau atau glitter di permukaannya. Granite tile berukuran 60cm x 60cm tersebut dijual dengan harga Rp200.000 per dus isi 3 buah.

TempAT BelAnjA pArA KonTrAKTor

Karena kelengkapan jenis material yang ditawarkan, tak

Sentra material Pinangsia bisa Anda capai dengan menggunakan KRL Commuter Line dengan tujuan stasiun Jakarta Kota. Dari depan stasiun Jakarta Kota, Anda tinggal berjalan kaki kirakira 100m untuk mencapai kawasan

sentra material Pinangsia. heran jika banyak kontraktor bangunan yang berbelanja di tempat ini. Agus (33), salah seorang penjaga toko keramik di Pinangsia mengatakan, para kontraktor biasanya membeli bahan bangunan di Pinangsia karena banyaknya pilihan yang tersedia. “Kontraktor tersebut biasanya berbelanja ke Pinangsia saat membuat proyek perumahan atau unit apartemen di sekitar Jakarta,” kata Agus.

Disamping itu, toko tempat Agus bekerja juga sering mendapat pesanan dari luar Jakarta. Pesanan datang dari berbagai kota di Pulau Jawa bahkan dari luar Jawa seperti Maluku dan Papua. Pemesan tersebut adalah para pemilik toko material yang membeli dalam jumlah besar untuk dijual kembali. “Awalnya mereka datang langsung ke Pinangsia. Saat pembelian berikutnya, mereka tinggal telepon dan minta pesanannya di antar ke kota masing-masing,” kata Agus menjelaskan.

Beli BAnyAK ATAu SediKiT, BiSA!

Toko material di Jl. Pinangsia biasanya tidak menyimpan material dagangannya dalam jumlah besar. Karena di tempat ini rata-rata toko hanya berfungsi sebagai showroom. Para penjual biasanya menyimpan stok material mereka di pergudangan wilayah Kampung Bandan dan Mangga Besar, Jakarta Utara. Namun, tidak menutup kemungkinan bila ingin berbelanja dalam jumlah kecil, Anda bisa langsung membawa pulang material belanjaan.

Pemesanan material di Pinangsia juga mengenal sistem inden. Pemesanan inden ini biasanya berlaku untuk materialmaterial impor. Karena tak jarang, material impor tersedia dalam jumlah terbatas di gudang penyimpanan. Sehingga, apabila material pesanan Anda tidak tersedia di gudang, Anda harus melakukan pemesanan dan menunggu hingga material pilihan Anda dikirim dari negara pembuatnya. Jadi, tertarik untuk berburu material di Pinangsia?

Gulungan material kaca film dekoratif yang dijual di salah satu toko di pinangsia

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.