MENGGABUNGKAN 2 UNIT APARTEMEN

Ketika tempat tinggal harus bersahabat dengan si kecil, maka apartemen jadi pilihan terbaik pasangan ini.

Rumah - - Halaman Depan - LOKASI KEDIAMAN PASANGAN BLBABALAA—BLBAALABAL, KALIBATA CITY, JAKARTA SELATAN DESAINER AJI, VENDOR DESIGN INTERIOR INSTAGRAM INTERIOR_ID

Setelah menikah, Putri Lenggo Geni (32), ini memutuskan untuk mencari sebuah hunian praktis yang dekat dengan lokasi kerja. Bak gayung bersambut, sebuah informasi akan penyewaan apartemen sampai ke telinga mereka. Pasangan ini pun bertolak dari sebuah rumah tapak di kawasan Jakarta Selatan menuju kompleks apartemen di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan. Hunian vertikal memang sudah menjadi incaran pasangan ini sejak awal. Selain terletak di pusat kota, rupanya alasan keamanan menjadi faktor utama. Keamanan yang dimaksud Geni adalah keamanan untuk si kecil. Pasalnya, perilaku si sulung, Afdhal Khaizuran Hakim (3) yang aktif bergerak rupanya membuat Geni, sapaan karibnya, kewalahan. Sewaktu tinggal di kompleks perumahan, Geni tak bisa mengontrol pergerakan Afdhal saat bermain. Akhirnya, mereka pun melakukan aksi coba-coba tinggal di apartemen dengan hanya menyewa selama beberapa tahun.

“Kalau di apartemen kan ukurannya kecil, pergerakan Afdhal terbatas jadi mengawasinya lebih mudah. Kalaupun mau bermain di area yang lebih luas, kita bisa memanfaatkan fasilitas taman bermain di bawah. Cukup aman, kan?” ujar Geni mengawali cerita.

GABUNG 2 UNIT SEKALIGUS

Percobaan tinggal di apartemen rupanya berjalan mulus. Kegiatan bermain si kecil jadi lebih terkendali dan segalanya menjadi lebih praktis. Namun, satu masalahnya. Di apartemen yang mereka sewa, luas setiap ruangnya sangat terbatas. Sehingga, antara kebutuhan dan luas ruang tak lagi sinkron. Geni dan suami pun memutuskan untuk kembali bergerak, mencari tempat tinggal yang lebih luas. “Kebutuhan kita semakin bertambah, sementara apartemen tidak bisa diperluas,” ucap Geni.

Beruntung, sebuah menara baru di kompleks apartemen yang mereka tinggali tengah dibangun kala itu. Tak pikir panjang, pasangan ini pun langsung membeli 2 unit sekaligus, unit tipe studio dan tipe 2 kamar

tidur. Rencananya, 2 unit ini akan digabungkan menjadi 1 agar kebutuhan mereka dapat terpenuhi.

Mendapat referensi dari internet, pasangan ini memilih Ajie Nugroho, dari Vendor Design Interior, untuk menangani bongkar-pasang hunian mereka. Ruang apa saja yang harus tersedia? Geni punya satu ruang yang ia dambakan.

Dapur JaDI prIorITaS uTama

“Waktu masih menyewa, dapurnya sempit sehingga sirkulasi pergerakan di dapur jadi sulit. Kompor induksinya saja kecil, jadi sulit ketika harus memasak 2 makanan,” ucap Geni. Ya, dapur menjadi salah satu ruang prioritas yang harus ada. Bahkan tak hanya sekadar eksis, dapur pun harus luas dan memiliki kabinet penyimpanan yang banyak sehingga dapat menampung perlengkapan memasak.

Walaupun diakuinya ia tidak terlalu suka memasak, kehadiran suami dan si buah hati membuatnya harus lebih banyak bersinggungan dengan area servis ini. Misalnya saja, memasak sarapan dan menyiapkan makan siang dan cemilan si kecil. Geni juga meminta ruang keluarga dibuat luas tanpa sekat agar Afdhal dapat leluasa bergerak dan bermain. “Tapi, tetap harus mengedepankan aspek fungsional,” imbuhnya.

plaFon BErHIaSKan laSEr CuTTInG

Sang desainer, Ajie, mengungkapkan ia tak mengalami kendala berarti saat menangani penggabungan 2 unit ini. Kendala terjadi saat pihak pengembang tidak mengizinkan pembongkaran dan pemindahan pintu utama dan pipa sprinkler (alat pencegah kebakaran).

Mengenai pintu, Aji pun tidak bisa berbuat banyak, tetapi untuk sprinkler ia memiliki cara cantik untuk menyamarkannya. Ia merancang plafon dengan menghadirkan elemen laser cutting bermotif bunga. Walaupun

sprinkler masih tetap terlihat, ada hiasan menarik yang akan mengalihkan perhatian para tamu. Belum genap satu bulan Geni menempati huniannya, tetapi atmosfer kenyamanan sudah menyelimuti seantero ruang.

Ajie tak hanya berhasil menghadirkan area dapur yang luas dan fungsional tetapi juga menghadirkan area bermain dan bertempat tinggal yang nyaman untuk keluarga kecilnya.

TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

area ruang keluarga sekaligus berfungsi sebagai ruang beraktivitas bagi si kecil yang terkesan lapang dan fungsional.

pengalaman memiliki dapur sempit membuat Geni mendamba dapur luas yang sarat kabinet penyimpanan.

panel TV dibuat dengan konsep putih untuk membuat ruang terkesan bersih.

Geni meminta kepada sang desainer untuk membuatkannya dapur yang luas dan fungsional.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.