KOMENTAR

Rumah - - Serambi -

Dear RUMAH, Tahun 2008 saya membeli rumah seken yang sudah ada kanopi, namun sekarang ini atap kanopinya mulai bocor. Apakah saya bisa ganti atapnya saja atau harus mengganti struktur besinya juga? Lalu material atap kanopi yang direkomendasi seperti apa ya? Terima kasih Hendry

Hallo Pak Hendry, Jika kanopi bocor sebaiknya diganti baru. Banyak jenis kanopi yang praktis. Misalnya,bahan polikarbonat (baik yang berongga atau tidak). Modelnya ada yang datar dan bergelombang. Masing-masing ada plus dan minusnya. Pilihan lain, bisa juga menggunakan zincalume, semacam lembaran metal yang bergelombang. Atau, bisa pula, bahan bitumen, bahan fiber yang berlapis aspal. Setiap bahan tentu saja disesuikan dengan kebutuhan.

Jika rangka besi kanopi masih bagus, (tidak berkarat, atau retak/berlobang, yang berpotensi karat), Pak hendry cukup mengganti atap kanopinya saja. Rangka besi yang kusam bisa diampelas dan dicat kembali. Akan lebik baik, sebelum dicat dilapis cairan antikarat, sejenis zincromat besi yang bisa dibeli di toko cat.

Jika rangka besi sudah rusak, berkarat dan banyak lubang, sebaiknya diganti saja. Banyak pilihan bahan rangka. Bisa menggunakan besi hollow, baja ringan, (kanal C). Lebih praktis. Boleh saja mengggunakan kayu asalkan kayu itu diresidu untuk cegah rayap, kemudian dicat.

Selamat siang RUMAH, Apakah RUMAH pernah mengulas perumahan di Medan? Mohon bantuan ulasan terbaru karena kami tertarik membeli properti di Medan. Thanks.

Adekmungil

RUMAH pernah membahas secara umum peta properti di beberapa kota, termasuk di Medan. Tentunya, jika ada perkembangan terbaru kami akan kembali lagi membahas properti di Medan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.