PERHATIKAN PEMASANGANNYA

Jangan abaikan ketepatan saat pemasangan genting. Memasang genting asal-asalan akan mengundang masalah besar pada atap rumah Anda.

Rumah - - Laporan Utama - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com

Keberadaan penutup atap di sebuah rumah memiliki peran yang sangat vital dalam melindungi rumah dari penyebab bocor. Ada kesalahan sedikit saja, maka kebocoran akan siap menyerang rumah Anda. Selain material penutup atapnya, Anda juga harus memerhatikan kontruksi atapnya. Selain kontruksi atapnya harus mampu menahan beban atap, air, dan angin, rangka juga harus stabil, kokoh, dan kaku. Ini yang membuat atap rumah Anda terhindar dari bocor.

Kesalahan pemasangan juga mengundang risiko yang membuat rumah Anda bocor. Ya, sebagus apapun kualitas genting dan rangka yang Anda gunakan, tetapi pemasangannya tidak benar, maka rumah akan rentan terkena bocor. Masalah yang paling sering terjadi akibat pemasangan yang tidak tepat adalah genting melorot atau posisi genting tidak rata yang membuat air leluasa masuk ke dalam rumah.

IKUTI ATURAN STANDARNYA

Genting melorot disebabkan oleh bentuk atap yang terlalu miring. Standar kemiringan atap adalah 300—400, jika lebih dari itu maka atap akan lebih mudah terlepas dari dudukan reng. Kemiringan kurang dari itu akan membuat air mudah masuk ke dalam genting. Karena,sirkulasi jalannya air di genting terlalu landai.

Bentuk rangka, khususnya reng, perlu Anda perhatikan agar genting tidak melorot. Reng yang digunakan untuk dudukan atap wajib lurus dan tidak melengkung. Untuk memudahkan saat pemasangan, gunakan waterpass sehingga rangka dan reng lurus sempurna. Untuk saat ini, disarankan menggunakan material rangka baja ringan dan bukan kayu. Muai-susut kayu yang tinggi dapat membuat bentuk rangka dan reng tidak stabil (melengkung).

Apabila terjadi kesalahan pemasangan, sebaiknya lakukan pembongkaran total. Anda harus mengatur ulang kemiringan atap sehingga menjadi lebih ideal dan sesuai dengan jenis atap yang akan Anda gunakan. Karena beda genting, beda pula kemiringan yang disarankan. Jangan lupa untuk memilih material genting yang berkualitas. Pilih genting yang dilengkapi lubang paku. Dengan begitu genting tidak akan mudah bergeser dan bisa dipasang lebih rapi

MASALAH LAINNYA

Genting pecah bisa jadi disebakan karena genting tertimpa benda seperti kejatuhan buah atau batang pohon. Bila sudah begini, perbaikan yang bisa Anda lakukan tergantung dari kondisi genting yang pecah tersebut. Jika genting sudah rusak parah maka Anda harus melakukan penggantian dengan yang baru. Dalam keadaan darurat, Anda bisa menutup bagian genting yang pecah tersebut dengan plastik atau terpal terlebih dahulu agar air hujan tidak masuk. Namun jika genting hanya retak, Anda masih bisa mengakalinya dengan mengaplikasikan tambalan atau WATERPROOfiNG dan serat fiBER.

Menurut Agus Hari Setiawan, arsitek dari Cubicon Indonesia, pencegahan genting bocor harus dilakukan dengan pemasangan yang tepat. “Untuk saat ini cara yang paling tepat adalah menggunakan aluminium foil untuk pelapis sebelum pemasangan genteng,” kata Agus.

Biasanya pemasangan aluminium foil dilakukan di bawah genteng untuk menghindari rembesan air kebawah. Agus menambahkan, kerapatan pemasangan genting juga harus diperhatikan. Semakin rapat genting maka semakin bagus sebab air hujan tidak akan merembes ke dalam rumah. Selain itu. Pada saat pemasangan sebaiknya memakai campuran semen atau lemkra, semacam WATERPROOfiNG. Kualitas tenaga pemasang genting juga penting. Pilih pemasang genting yang mahir agar hasilnya bagus dan sesuai harapan.

www.shutterstock.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.