JURUS MENCEGAH BOCOR

Rumah - - Laporan Utama - SEBELUM PENGECORAN SETELAH TERBANGUN

Untuk mencegah bocor pada saat sebelum pengecoran, Yopie Herdiansyah, arsitek dari biro Akanoma memberikan beberapa tip yang dapat Anda terapkan. 1. Perencanaan dak beton harus sesuai standar struktural mulai dari ketebalan hingga struktur rangka balok

yang menopangnya. 2. Pengecoran dak beton sebaiknya dilakukan pada saat malam hari, untuk menghindari suhu ekstrem di

siang hari yang dapat menimbulkan retak dan bocor. 3. Untuk hasil adonan beton yang sempurna bisa menggunakan beton yang sudah jadi ( bukan konvensional). Pada saat pengecoran 1 bidang sebaiknya diselesaikan dalam satu waktu. Karena, perbedaan waktu penyelesaian bisa membuat dak beton tidak tertutup sempurna dan menimbulkan kebocoran. 4. Setelah pengecoran, diperlukan perawatan beton dengan sistem curing atau memberi genangan air selama 7 hari. Tujuannya, memperbaiki mutu dari keawetan beton, kekedapan terhadap air, ketahanan terhadap aus, dan untuk menjaga kelembapan.

Bila dak beton sudah terbangun, pencegahan bisa dilakukan dengan cara perawatan berkala. Misalnya, melakukan pembersihan dan pengecekan area dak beton setiap 6 bulan sekali sebelum musim hujan tiba. Dalam rentang waktu tersebut, Anda bisa melapisi dak beton dengan cairan waterproofing sebagai perawatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.