JANGAN SALAH PILIH MATERIAL

Rumah - - Laporan Utama - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com

Sebagai elemen yang berlokasi di lekukan atap dan berfungsi sebagai saluran air di atap, jurai memiliki fungsi penting dalam mengalirkan air ke bawah. Hanya, debit air yang kerap tinggi membuat jurai rentan terkena bocor. Apa yang harus Anda perhatikan agar jurai bebas bocor?

Masalah kebocoran pada atap lainnya yaitu talang dalam atau jurai. Penyebab kebocoran pada jurai biasanya adalah kesalahan pada pemilihan material atau kesalahan pemasangan.

Sebelum pemasangan, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah materialnya. Ada banyak orang yang menggunakan material asal untuk elemen ini, seperti menggunakan material seng sebagai jurai. Padahal, seng rentan korosi dan bocor.

Sebaiknya, Anda memilih material yang tahan terhadap panas dan cuaca. Salah satu material yang disarankan adalah menggunakan material zincalum untuk talang dalam. Material ini dianggap mampu menahan beban air hujan dan tahan cuaca. Yang perlu Anda perhatikan adalah, meminimalisasi sambungan di jurai dan jangan sampai material ini terluka oleh benda tajam atau tumpul.

Faktor kedua adalah pemasangan yang tidak benar. Pemasangan ini bisa dikarenakan posisi jurai tidak lebih rendah dari permukaan atap, jurai tidak terpasang kokoh sehingga menyebabkan posisi tergeser, atau salah membeli ukuran jurai. Jika ukurannya tidak sesuai akan timbul celah yang bisa menjadi jalur masuknya air. Jika terjadi seperti ini, mau tak mau Anda harus melakukan penggantian talang.

Penyebab lainnya adalah bisa jadi terdapat tumpukan sampah daun pada talang sehingga air hujan tidak dapat mengalir dan masuk ke dalam rumah melalui celah genting. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan pembersihan talang secara rutin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.