FOKUSNYA DI KARPUSAN

Plesteran yang digunakan pada karpusan nok menjadi elemen penting yang harus Anda perhatikan. Karena, dari tempat inilah sumber bocor nok berasal.

Rumah - - Laporan Utama - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com FOTO VICTOR ADIANGGARA

Wuwungan atau nok merupakan area tertinggi dari atap rumah. Pada area ini air hujan pertama kali menerpa atap rumah Anda. Oleh sebab itu, area ini bisa dibilang paling rentan terjadi kebocoran. Karpus atau dudukan nok yang terbuat dari plasteran semen rentan menjadi penyebab kebocoran. Terlebih jika saat pemasangan, posisi nok dibuat terlalu tinggi dari genting teratas sehingga lapisan semen menjadi tebal. Pengaplikasian semen yang tebal serta tidak rapi berisiko retak di kemudian hari. Keretakan inilah yang menjadi celah masuknya air hujan.

Solusi sederhana untuk memperbaiki bocor akibat retak karpus ini adalah melapisi retak dengan pelapisi antibocor atau dengan melakukan plaster aci ulang. Akan tetapi, perbaikan ini tidak begitu ampuh karena bisa mengalami kerusakan lagi. Akhirnya biaya yang harus Anda keluarkan justru lebih besar karena harus melakukan perbaikan berulang kali.

Lebih baik, lakukan pembongkaran secara total dan ganti material karpusan. Salah satu pilihannya adalah menggunakan genting jenis lapping tile, salah satu yang ada di pasaran adalah merek Kanmuri. merek Kanmuri. Lapping tile ini berfungsi untuk menutupi semen karpus sehingga tidak terkena air secara langsung. Lapping tile terbuat dari bahan keramik sehingga lebih kuat dalam menghadapi cuaca.

Solusi lain adalah dengan menggunakan nok tanpa karpusan dari Kanmuri. Hanya saja, jika Anda ingin beralih menggunakan genting ini, seluruh penutup atap Anda harus diganti dengan merek yang sama. Karena, genting dan nok Kanmuri sudah dirancang dengan sistem baut yang memungkinkan semuanya saling menutup rapat dan memiliki sistem aliran air di bagian samping gentingnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.