JANGAN LUPAKAN HAL INI!

Rumah - - Konsultasi -

Preferensi dan kebiasaan orang dalam memasak tidaklah sama, faktor budaya juga memengaruhi cara memasak sehingga desain dapur sesungguhnya tidaklah universal. Apabila seseorang hanya memasak sekadarnya maka ia membutuhkan dapur yang kompak dan simpel. Sementara itu, seseorang yang senang membuat kue maka ia akan membutuhkan permukaan kerja yang lebih luas.

Pertimbangan kultur memasak juga sering dilewatkan. Masakan Indonesia kaya bumbu dan memerlukan proses persiapan bumbu yang lebih lama sehingga pada dapur tradisional biasanya tersedia semacam amben ( balai-balai) agar mendapatkan posisi yang nyaman saat mempersiapkan masakan. Proses mengulek bumbu juga biasanya lebih nyaman dilakukan di lantai agar mendapatkan posisi yang bisa menghasikan tenaga yang lebih dan tidak pegal dibandingkan dengan posisi berdiri.

Jenis masakan yang kaya bumbu juga menghasilkan bau yang lebih semerbak sehingga perlu dipertimbangkan adanya sirkulasi udara yang baik serta jenis material yang tidak terlalu menyerap bau masakan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.