MENGGabuNGKaN Dua ruMaH

Rumah - - Konsultasi - Diasuh oleh: ARSITEK Wijoyo Hendromartono

JBapak Adhi yg baik, Terima kasih untuk kiriman pertanyaannya.

Dalam menggabungkan dua bangunan, hal yang paling menyulitkan adalah perbedaan ketinggian lantai. Sepanjang pengalaman saya, belum pernah saya mendapatkan bangunan yang memiliki ketinggian lantai sama. Jadi saya senantiasa mengingatkan klien saya untuk menambahkan atau mencadangkan anggaran untuk mengganti penutup lantainya.

Demikian pula untuk Anda, sebaiknya Anda juga mempersiapkan anggaran untuk mengganti lantai rumah, paling tidak untuk ruang terbuka yang akan bertemu ketika dinding dibongkar. Penggantian penutup lantai dilakukan karena Anda harus membongkar lantai untuk menyamakan ketinggian lantai. Pertemuan lantai bangunan satu dengan lainnya pasti juga tidak akan sama, dan pada umumnya, jenis dan warna penutup lantai yang ada di pasaran pasti akan berbeda warnanya, meskipun Anda menggunakan merek dan warna yang sama.

Untuk menjadikan rumah Anda lebih nyaman, saya harus mengubah denah yang ada, sebab posisi carport kini akan membuat rumah Anda menjadi terbelah dua meskipun dinding pemisah telah dibuka.

Ruang-ruang tidur saya pindahkan ke samping, sehingga bagian tengah rumah akan menjadi terbuka, dan bisa dijadikan ruang keluarga dan ruang makan. Ruang tamu sekaligus menjadi ruang pamer usaha batik Anda. Anda dapat memanfaatkan dinding dan jendela ruangan sebagai tempat memajang batik.

Anda dapat melihat bahwa keempat ruang tidur semuanya memiliki bukaan jendela ke ruang luar sehingga tentunya akan mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik. Demikian pula dengan adanya ruang terbuka atau taman kecil di belakang, niscaya akan menjadikan ruang keluarga dan ruang makan menjadi terang.

Dengan keterbatasan ruang yang ada, Anda dapat menjadikan ruang tidur tamu berfungsi ganda sebagai ruang salat juga. Sedangkan untuk kenyamanan keluarga, ruang cuci dan jemur sebaiknya diletakkan di atas. Anda dapat menjadikan atap dapur sebagai ruang jemur dengan mengecor bagian atapnya. Kelak jika Anda membutuhkan ruang servis tambahan atau gudang, sebagian area jemur dapat Anda manfaatkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.