PERBAIKI ATAP BOCOR PUN LENYAP

ATASI KEBOCORAN GENTING, NOK, JURAI, DAK, DAN DINDING.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com

Hujan datang, bocor pun menyerang. Rumah yang tidak siap menerima datangnya curah air yang tinggi di musim hujan, siapsiap saja akan terkena bocor. Sumber masalahnya bisa beragam. Kebanyakan, sumbernya berasal dari 5 area ini, yaitu genting, dak beton, pertemuan antar-dinding, nok, atau jurai.

Idealnya, sebelum musim hujan datang, Anda harus mengecek kondisi rumah, khususnya area-area yang rentan bocor seperti melihat apakah ada genting yang melorot, dak beton yang retak, nok yang lepas, dan sebagainya. Jika Anda menemukan kejanggalan, jangan ragu untuk segera memperbaikinya. Setidaknya, langkah ini akan mengurangi risiko rumah Anda bocor saat musim hujan.

Lantas, bagaimana jika Anda tidak sempat mengecek kondisi atas rumah sementara musim hujan sudah menyapa? Anda harus segera mendeteksi secara langsung seluruh rumah Anda di hujan pertama. Biasanya, masalah bocor akan langsung terlihat. Jika sudah diketahui ada masalah bocor, segera perbaiki.

“Tak perlu panik jika Anda mendeteksi ada masalah kebocoran di rumah. Segera cek bagian yang bocor, temukan sumber bocornya, lalu perbaiki hingga tuntas,” ucap Yosep Haryanto, Central Area Distribution Channel Manager PT Sika Indonesia. Inilah beberapa masalah dan solusi seputar bocor yang kerap melanda rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.