VACUUM, LAMPU, MESIN CUCI, & AIR PURIFIER

Inilah 5 peranti yang akan mempermudah hidup Anda di tahun 2016 ini.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS WINDA DEWANTARY windadewantary@gmail.com

Teknologi selalu berkembang, tak berhenti di satu titik saja. Produsen pun selalu berlomba-lomba mencari inovasi yang lebih baik untuk masing-masing produknya. Berbagai fitur ditanamkan di dalam produk mereka, salah satunya fitur yang menyambungkan produk dengan aplikasi pada smart phone, sehingga dapat dijangkau dari segala tempat tanpa berbatas waktu.

Selain menambah fitur kontrol jarak jauh, para produsen memperbarui peranti mereka untuk memecahkan masalah yang sering ditemui. Misalnya saja vacuum cleaner dari Sharp yang dibuat untuk membasmi tungau serta mesin cuci terbaru LG yang bisa mempercepat waktu mencuci. Yuk, intip satu persatu!

PHILIPS HUE

Philips Hue merupakan lampu pintar yang memungkinkan Anda untuk mengontrol pencahayaan di rumah Anda menggunakan smartphone. Anda bukan hanya bisa mengontrolnya dengan memencet tombol pada telepon genggam, namun Anda dapat melakukannya dengan perintah suara (Siri atau HomeKit). Menarik, kan?

Dengan mengunduh aplikasi, Anda dapat menyalakan, mematikan, dan meredupkan lampu di rumah Anda di mana saja, bahkan dari jarak jauh sekalipun.

Untuk mendapatkan kemudahan ini, Anda harus membeli satu paket yang terdiri dari sistem pengontrol dan dua buah lampu. Anda dapat menambah jumlah lampu hingga 50 buah, tanpa harus membeli lagi sistem pengontrolnya.

Saat ini, produk Philips Hue belum tersedia di Indonesia. Namun Anda bisa melihat tempat mana saja yang menjualnya melalui situs www2.meethue.com.

PHILIPS SMART AIR PURIFIER

Air purifier dapat membantu memperbaiki kualitas udara di dalam ruang. Alat ini menghirup udara yang kotor, menjernihkannya, lalu mengeluarkan udara yang lebih bersih ke luar. Selalu ada inovasi untuk alat ini, salah satunya adalah yang dikeluarkan Philips, yakni Smart Air Purifier. Berbeda dengan air purifier lain, pada jenis ini Anda dapat mengendalikan semua fitur yang ada dari jarak jauh melalui telepon genggam Anda.

Melalui aplikasi di telepon genggam, Anda akan dapat dengan mudah mengecek berapa lama keempat filter udara pada air purifier akan bertahan dan kapan harus mengganti filternya. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga dapat mengontrol kecepatan kipas. Anda dapat memasang mode otomatis agar Smart Air Purifier dapat menyesuaikan kecepatan kipasnya sesuai dengan tingkat kualitas udara, atau mode manual jika Anda ingin memilih kecepatan yang diinginkan. Yang tidak kalah canggihnya, Smart Air Purifier ini dapat terhubung dengan wifi, sehingga Anda dapat menempatkannya di mana saja.

PEMBASMI TUNGAU DARI SHARP

Tungau di bantal atau kasur bisa menyebabkan kesehatan terganggu, terutama bagi penderita alergi dan asma. Susahnya, hewan kecil ini tidak bisa mati hanya dengan cara dijemur di sinar matahari yang terik sekalipun. Tungau memiliki cakar dengan daya cengkram yang sangat kuat pada serat kain sehingga masih ada peluang bagi tungau tersebut hidup jika hanya dipanaskan. Menyedotnya dengan vacuum cleaner biasa juga akan percuma karena ia tak mampu mengisap ataupun memusnahkan mereka begitu saja. Karena itu, Sharp meluncurkan vacuum cleaner berteknologi Plasmacluster yang bisa membasmi tungau. Alat yang diberi nama Mite Catcher EC-HX100 ini bekerja dengan suhu lebih dari 40°C dengan semburan panas yang mampu melepaskan cengkraman tungau.

Selain itu alat ini juga memiliki fitur Power Brush dan Wide Suction Port yang berdaya isap kuat dan dikombinasikan dengan efek putaran sentrifugal pada corong debu sehingga mampu menyedot tungau dari serat kain. Bobotnya yang lebih ringan dan pegangannya yang nyaman membuat Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan alat ini.

Konsumsi penggunaan listriknya juga rendah hanya sekitar 360—720 watt. Alat ini sudah diluncurkan di Indonesia dan dibanderol dengan harga kisaran Rp3,5 juta—Rp4 jutaan.

VACUUM CLEANER CANGGIH YANG DAPAT BEKERJA SENDIRI

Pernah terbayang betapa mudahnya pekerjaan jika semua alat teknologinya tersambung dengan wi-fi? Tentu akan lebih praktis dan lebih menghemat tenaga, bukan? Ya, kali ini RUMAH temukan peranti canggih yang sudah terkoneksi dengan wi-fi, yaitu sebuah vacuum cleaner. Alat yang bernama iRobot Roomba Vacuum Cleaning Robot ini mampu membersihkan kotoran dan debu dengan sendirinya tanpa kita perlu ikut membersihkannya. Vacuum ini sangat mudah digunakan, juga dapat membersihkan sampai ke sela-sela yang sulit dijangkau. Asalkan terhubung dengan aplikasi yang ada di smartphone, Anda dapat dengan mudah menggunakannya. Peranti ini sudah ada di beberapa negara salah satunya Jepang. Semoga segera hadir di Indonesia.

LG MESIN CUCI TURBOSHOT

Keluarga modern dengan gaya hidup dan mobilitas tinggi biasanya kerepotan dalam urusan mencuci. Umumnya mereka tidak punya waktu untuk mencuci di hari kerja dan lebih memanfaatkan waktu akhir pekan untuk mencuci. Hal ini akan membuat tumpukan cucian kotor di akhir minggu semakin banyak, yang pastinya membutuhkan mesin cuci dengan kapasitas besar. Namun masalahnya, mesin cuci dengan kapasitas besar membutuhkan air yang banyak sehingga tak hemat energi.

Untuk mengantisipasi hal ini, LG meluncurkan mesin cuci yang dinamai Turboshot. Mesin ini diklaim memiliki proses cuci yang lebih cepat dan penggunaan air yang jauh lebih hemat. Mesin cuci ini memiliki saluran air bertekanan tinggi yang terletak di atas drum cuci. Tingginya tekanan air ini dapat mempercepat proses pencucian. “Tembakan ( shot)” air inilah yang diklaim dapat secara efektif melepaskan noda pada pakaian, khususnya yang susah dibersihkan.

Berbeda dengan mesin cuci biasa, pada mesin cuci terbaru LG ini, seluruh proses dilakukan serentak. Artinya, saat air mulai mengaliri tabung dan detergen sudah berada di dalam tabung, mesin cuci mulai berputar dalam kecepatan tinggi. Ini bisa mempercepat proses pencucian.

Selain itu, putaran pada tabung dengan tekanan tinggi ini mampu menciptakan pergolakan air, sehingga membuat mesin cuci ini dapatmenyelesaikan pekerjaannya 15 menit lebih cepat.

LG menawarkan 2 jenis kapasitas yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu 13kg dan 17kg. Keduanya akan dipasarkan dengan kisaran harga dari Rp8 juta—Rp12 jutaan.

DOK. PHILIPS

DOK. PHILIPS

DOK. SHarP

w . g ee k .c o m

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.