MENGGUNAKAN KACA UNTUK ATAP

Rumah - - Solusi -

Saya sedang merenovasi rumah, kebetulan area carport juga ingin dirombak ulang. Suami dan saya sepakat untuk menggunakan atap carport berbahan kaca, mengingat material ini bikin hunian kita tampak “wah” dan cantik. Masalahnya kita agak ragu mengaplikasikan kaca sebagai material utama, karena mempertimbangkan aspek keamanan. Adakah tip untuk merancang carport dengan material kaca ini? Jelita Ayu, Cibubur Untuk membangun carport dari bahan kaca, yang harus Anda perhatikan adalah ketebalan dan jenis kacanya. Biasanya, jenis kaca yang digunakan untuk atap carport adalah kaca tempered dengan ketebalan 12mm. Pasalnya, atap carport akan langsung bersinggungan dengan sinar matahari sehingga harus menggunakan kaca yang tebal. Selain itu, kaca dengan jenis dan ketebalan ini akan mencegah atap dari masalah retak atau pecah.

Anda juga bisa melapisi atap dengan kaca film agar sinar matahari tidak sepenuhnya menembus permukaan kaca. Penggunaan kaca film akan membuat area carport lebih sejuk.

Yang perlu diketahui, biaya membangun carpot dari bahan kaca lebih mahal dibandingkan dengan bahan atap biasa. Demikian pula dengan biaya pemasangannya. Mengingat, teknik pemasangan akan lebih sulit dan tukang yang digunakan haruslah yang memiliki pengalaman. Agus Hari Setiawan, Kontraktor PT Cubicon Indonesia

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.