Pemikiran Penting

Rumah - - Properti -

Sebelum mendapatkan hunian idaman, RUMAH akan mengungkap proses apa saja yang harus Anda lalui dalam memilih rumah pertama.

1 Sebelum Membeli Hal penting yang harus Anda tanyakan ke diri sendiri adalah apa tujuan Anda tinggal? Apakah akan tinggal dalam jangka waktu yang lama dengan status kepemilikan sendiri, sekadar investasi, atau disewakan? Untuk menjawabnya, Anda harus mencari tahu jenis hunian yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Ada beberapa pilihan ketika Anda ingin membeli hunian; rumah untuk keluarga kecil, rumah untuk keluarga besar, atau apartemen. Setiap opsi memiliki plus-minusnya, tergantung dari tujuan dan kebutuhan Anda. Selanjutnya, Anda harus kembali memilih, lokasi hunian yang Anda inginkan, apakah apartemen tengah kota atau rumah tapak di pinggir kota?

2 Proses Membeli Bila sudah memutuskan memilih jenis hunian, saatnya Anda mencari lokasi hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Cara cepatnya, Anda bisa mencari hunian di internet. Setelah berhasil menemukan hunian, maka Anda harus mengecek lokasi dan mencari tahu informasi tentang hunian tersebut. Bila oke, lakukan kesepakatan harga dengan pihak pengembang. Anda bisa menentukan sistem pembayaran yang sesuai. Saat ini sudah ada sistem kalkulator KPR online yang dapat membantu Anda menghitung kebutuhan KPR Anda.

Setelah mengajukan KPR ke bank, maka Anda harus melalui proses interview. Interview inilah yang nantinya akan menjadi salah satu penilaian penting apakah KPR Anda akan diberikan atau tidak. Jawab setiap pertanyaan secara jujur dan terbuka. Ini untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.