5 Pertimbangan Utama

Rumah - - Properti -

Aleviery Akbar, Associate Director Residential Sales & Leasing Colliers Internasional, membeberkan 5 pertimbangan utama yang harus diperhatikan sebelum membeli hunian pertama. Pertimbangannya adalah sebagai berikut.

LOKASI

Lokasi hunian menjadi pertimbangan pertama yang harus Anda perhatikan. Properti yang ingin Anda beli seharusnya terletak di lokasi yang mudah dijangkau dengan sarana transportasi umum.

HARGA

Harga menjadi pertimbangan selanjutnya. Jika ingin membeli melalui sistem cicilan (KPR/KPA) sebaiknya harga hunian disesuaikan dengan bujet, sehingga tidak membebani kebutuhan primer.

LEGALITAS DAN PENGEMBANG

Sebelum memutuskan untuk membayarkan uang muka, Anda periksa terlebih dahulu keabsahan legalitas dari calon hunian Anda. Pastikan sertifikasi tanah atau bangunan yang Anda beli tidak bermasalah. Reputasi pengembang pun wajib Anda telusuri, jangan mudah tergiur dengan diskon dan kemudahan yang ditawarkan pengembang.

SPESIFIKASI

Spesifikasi yang dimaksudkan adalah penggunaan material dan bahan bangunan, kapasitas ketersediaan listrik dan air bersih, kelengkapan ruang tidur, dan kamar mandi. Hal-hal tersebut tidak boleh luput dari perhatian Anda.

KONSEP DAN DESAIN

Konsep dalam hal ini menyangkut fasilitas umum dan sosial. Apakah kompleks hunian yang Anda inginkan telah dilengkapi fasilitas umum, seperti rumah sakit, sekolah, pasar/pusat belanja, atau fasilitas lainnya yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari? Desain pun demikian. Desain hunian sebaiknya disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Pemeliharaan lingkungan, seperti sampah dan taman, pun perlu diperhatikan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.