Kapan Waktu Ideal Melunasi KPR?

Lewat KPR, rumah idaman sudah didapatkan. Jika di perjalanan Anda tiba- tiba mendapat rezeki yang tak terduga dan ingin melunasi cicilan sisanya, kapan waktu yang tepat agar Anda untung dan kecil kemungkinan terkena risiko penalti?

Rumah - - Properti - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA LUNASI SAAT SUKU BUNGA TINGGI MENGURANGI RISIKO PENALTI

“Daripada ngontrak, lebih baik mencicil rumah”. Begitulah tulisan di salah satu spanduk promosi perumahan yang terpasang di ruas Jalan Bojong Gede, Jawa Barat. Kalimat tadi menunjukkan bagaimana KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bisa jadi pilihan tepat untuk mendapatkan rumah impian. KPR juga akan membantu Anda memiliki rumah seutuhnya. Sementara mengontrak hanya bisa menempati, tanpa bisa memiliki.

Untuk mendapatkan rumah impian dengan KPR pun caranya relatif mudah. Anda cukup mempersiapkan uang muka (DP) sebesar 30% dari total nilai rumah, persyaratan jual-beli, serta biaya administrasi. Hal ini tentu terasa lebih ringan jika dibandingkan mempersiapkan dana untuk membeli rumah secara tunai.

Namun, membeli rumah melalui KPR akan membuat Anda berhutang ke bank, yang nantinya harus diangsur dalam jangka waktu tertentu. Pilihan waktu melunasi KPR ini pun berbedabeda, tergantung dari besarnya uang muka dan usia nasabah saat pengajuan KPR. Biasanya, bank sudah menentukan batas usia maksimal nasabah ketika KPR lunas, yaitu 55 tahun. Dengan begitu, semakin muda usia Anda saat pengajuan KPR, maka Anda bisa memilih jangka waktu angsuran yang lebih panjang. Umumnya, jangka waktu angsuran yang diberikan bank sekitar 15—20 tahun.

Roda kehidupan terus berputar. Bisa jadi, Anda sekarang yang memiliki uang terbatas, di tahun mendatang memiliki dana berlebih dan berniat ingin melunasi cicilan. Bisakah KPR dilunasi?

Pandji Harsanto, konsultan keuangan dari OneShildt Financial Planning, mengungkapkan bahwa tak ada salahnya untuk melunasi KPR sebelum masa angsuran habis. Agar tidak merugi, Pandji memiliki tip berikut. “Waktu ideal untuk melunasi KPR idealnya adalah ketika suku bunga sedang naik,” kata Pandji. Karena, saat suku bunga sedang naik, maka nilai cicilan KPR juga akan ikut naik. Ini saat yang tepat untuk melunasi nilai pokok KPR Anda

Setelah nilai pokok KPR dilunasi, Anda tidak perlu membayar beban bunga KPR dan Anda terbebas dari hutang. “Beban bunga yang sebelumnya dapat Anda alihkan untuk investasi pada reksa dana atau untuk menambah aset,” kata Pandji.

Melunasi KPR sebelum habis masa angsurannya bukan berarti tanpa risiko. Selain harus mengeluarkan dana yang besar, pada umumnya bank memberlakukan sistem denda atau penalti untuk pelunasan KPR sebelum waktunya. Hal ini diberlakukan untuk menghindari kerugian yang diderita pihak bank sebab nilai uang yang mereka pinjamkan ke nasabah akan kembali dalam jumlah yang lebih sedikit. Jika nasabah melunasi KPR sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan, maka nilai uang milik bank yang kembali akan lebih besar.

Menurut Pandji, beda bank, beda pula aturan penalti yang akan dikenakan pada nasabah. Besarnya penalti juga bergantung pada tahun ke berapa Anda melakukan pelunasan. Semakin cepat Anda melunasi cicilan, maka semakin besar penalti yang diberikan. Penalti dari bank biasanya akan mengecil jika Anda melakukan pelunasan di tahun ke-8 dari 15 tahun jangka waktu yang ditentukan. Kebanyakan bank biasanya memberlakukan aturan penalti 1% di tahun itu dari jumlah cicilan pokok yang belum dilunasi. Namun, ada kemungkinan juga Anda tidak dikenakan penalti jika Anda sudah memasuki cicilan tahun ke-10 dan seterusnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.