Buat Semen Makin Kokoh

Cairan multifungsi ini dapat membuat bangunan lebih kokoh dan tahan lama.

Rumah - - Material - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com

Setiap pemilik rumah pasti menginginkan bangunan rumahnya kokoh dan panjang umur. Namun, seringkali harapan tersebut tak sejalan dengan misi yang diinginkan, entah bangunannya mengalami retak ringan atau terjadi kebocoran. Setelah tertimpa masalah-masalah tersebut, para pemilik rumah pun harus menghadapi masalah lain, yakni ongkos perbaikan untuk menangani masalah-masalah tersebut.

Untuk menjawab segala permasalahan ini, pihak produsen pun merasa tertantang untuk bisa menghasilkan produk berkualitas yang dapat membuat bangunan kokoh dan tahan lama. Salah satu produk yang dapat membantu menghindari masalah pada bangunan adalah Damdex. Cairan kimia berwarna cokelat pekat ini merupakan bahan pencampur semen (aditif) yang dapat digunakan sebagai pelapis, perekat, dan penahan air (waterproofing).

Produk ini memiliki 2 varian, yaitu Damdex Multifungsi dan Damdex Warna. Damdex multifungsi merupakan bahan aditif semen yang dapat menghasilkan bahan pelapis, perekat, dan penambal yang kuat, keras, dan tahan air. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan, seperti menyumbat dan melapisi dak retak atau bocor, grouting (pekerjaan untuk mengisi celah atau rongga) nat keramik, merekat keramik dalam air, plesteran, dan lain-lain.

Saat dicampur dengan semen, bahan pembentuk Damdex akan membuat bahan-bahan yang terbuat dari semen menjadi lebih kuat, lebih keras (tidak rapuh), dan lebih cepat kering. Selain itu, produk ini juga memiliki keunggulan lain, seperti tahan panas dan tahan bakar, mengeras dengan sempurna, dapat bekerja dalam kondisi basah dan di dalam air, serta lebih hemat (karena mengurangi biaya perbaikan dalam jangka waktu lama).

Lain halnya dengan Damdex Warna, produk ini dipakai untuk cat pelapis anti air. Karena mempunyai sifat fleksibel, produk ini cocok untuk melapisi area luas, seperti dinding dan atap. Tersedia dalam berbagai warna membuat produk ini tidak sekadar melindungi dari bocor dan resapan air, juga mempercantik area fasad.

Untuk keperluan membangun rumah/bangunan, penggunaan Damdex Multifugsi cukup dicampurkan dengan air, pasir, dan kerikil. Hasilnya pun dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan, misalnya cair, kental, atau padat. Hasil Damdex berupa cairan dapat dimanfaatkan untuk pekerjaan anti-bocor pada atap, lantai, atau dinding, sedangkan untuk hasil kental dapat digunakan untuk pekerjaan plasteran, pemasangan batu bata/batako/ bata ringan yang bersifat antibocor, pengerjaan nat keramik, dan pemasangan keramik pada dinding, dan lantai.

Sementara itu, untuk hasil padat, Damdex dapat digunakan untuk pekerjaan pemasangan keramik dalam air, penyumbat area yang bocor, dan pengisian nat yang bocor atau berongga.

Harga Damdex Multifungsi dibanderol mulai dari Rp52.000 (ukuran 1 liter), sedangkan Damdex Warna seharga Rp32.000 (ukuran 0,8 liter). Produk ini sudah dapat dibeli di toko-toko bahan bangunan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.