WIREMESh Perkuat Struktur Bangunan

Rumah - - Material - TEKS&FOTO IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com

Bingung dengan istilah wiremesh? Wiremesh adalah besi yang disusun dengan pola anyam yang memiliki fungsi sebagai penguat konstruksi pada pelat lantai, dinding struktur, atau atap dak beton. Selain itu, material ini dapat digunakan sebagai kawat bronjong, penguat dinding talud (dinding penahan pada tanah berkontur agar tidak longsor), struktur tangga, bahkan kolom atau balok struktur. Di Indonesia, produk ini biasa disebut dengan nama si kawat anyam atau besi anyam.

Di pasaran, bentuk wiremesh ini dijual dalam 2 macam, yaitu lembaran dan gulungan (rol). Untuk yang lembaran, ukurannya adalah 2,1m x 5,4m, sedangkan untuk yang gulungan ukurannya 2,1m x 54m (1 rol).

Dari jenisnya, wiremesh lembaran dibedakan menjadi 7 macam, yaitu wiremesh M4, M5, M6, M7, M8, M9, dan M10. Sedangkan wiremesh rol dibedakan 4 jenis, mulai dari M4 hingga M7. Penggolongan ini dibedakan berdasarkan diameter besi yang digunakannya. Besi berdiameter 4mm namanya wiremesh M4, besi berdiameter 5mm namanya wiremesh M5, begitu seterusnya hingga wiremesh M10.

“Angka 4,5, 6, 7, 8, 9, 10, ini adalah untuk membedakan ukuran diameter kawatnya. Sedangkan dari bentuk sebenarnya ya sama saja,” terang Sobirin, pemilik toko bahan bangunan TB. Bangun Makmur Sentosa, Bitung, Tangerang. “Biasanya, wiremesh yang berukuran M8, M9, dan M10 itu digunakan untuk gedung bertingkat. Sementara, untuk rumah cukup menggunakan wiremesh M4, M5, M6,” terang Sobirin.

Semakin besar ukuran diameter besi wiremesh- nya, maka akan semakin kuat menahan bebannya. Yang pasti, harganya pun akan semakin mahal. Untuk harga, wiremesh M4 dibanderol mulai dari Rp370.000/lembar.

Besi yang tidak berkarat seperti ini yang wajib Anda pilih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.