Renovasi Fasad

Rumah - - Konsultasi - Diasuh oleh: ARSITEK Wijoyo Hendromartono

TAssalamualaikum Wr. Wb, Redaksi RUMAH dan Pak Wijoyo. Kami telah menempati rumah selama lebih dari 20 tahun. Saat ini rumah sudah memerlukan perbaikan-perbaikan. Selagi memperbaiki rumah nanti, saya ingin sekalian mengubah/ merenovasi tampak depan atau fasad rumah kami.

Kami ingin desain fasad yang dapat bertahan lama dan tidak cepat membuat bosan. Kami menyukai desain klasik, namun apakah cocok untuk untuk rumah kami yang tidak terlalu besar ini?

Perlu diketahui juga, bahwa rumah ini aslinya adalah satu lantai. Kami merenovasi menjadi 2 lantai sebelum menempatinya. Rumah terdiri dari 4 kamar tidur; satu di bawah dan 3 di atas.

Kami tidak akan menambah atau mengubah ruangan, namun perlu mengganti rangka atap, dikarenakan telah rusak sebagian besar oleh rayap. Untuk renovasi seperti itu apakah tetap memerlukan pengurusan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)?

Mohon bantuan dari Pak Wijoyo. Sebelum dan sesudahnya kami mengucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb, indah Putri, Bintaro

JAssalamualaikum Wr. Wb. Ibu Indah.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Dalam merenovasi rumah, selama hanya memperbaiki dan mengganti kerusakan serta tidak mengubah struktur dan tampak bangunan, tidak perlu mengurus/mengajukan IMB. Namun karena Anda akan mengubah fasad atau tampak, IMB harus dilakukan, karena data rumah Anda yang ada di pemerintahan setempat nantinya akan berubah. Izin perubahan tampak prosesnya akan jauh lebih murah, mudah, dan cepat. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan dipersulit sewaktu mengajukan IMB nanti.

Anda mesti lebih menjelaskan desain klasik yang Anda inginkan seperti apa, karena klasik itu banyak sekali ragamnya. Eropa Yunani, Romawi, Rennaisance, Gothic, hingga post

modern pun dikategorikan sebagai klasik. Kalau yang Anda maksud adalah klasik Eropa Yunani/ Romawi dengan kolom-kolom besar diekspos, perlu dipikirkan bahwa untuk menikmati desain klasik tersebut diperlukan ruang yang lebih luas. Tidak hanya ruang untuk bangunannya, namun untuk lingkungannya.

Mungkin saya bisa memberikan desain klasik yang lebih modern, yaitu desain dengan sentuhan

art deco/art nuveau. Anda tetap bisa mempertahankan struktur bangunannya, namun karena atap harus diganti, jadi bisa juga sekalian bentuk atap diganti.

Bentuk atap yang sesuai adalah atap perisai, namun saya lebih menyarankan atap pelana, untuk menghindari adanya jurai pada atap. Jurai adalah pertemuan 2 sisi atap dan rawan bocor atap. Sudut atap dibuat lebih besar kurang lebih 40 derajat, sehingga akan terlihat lebih tinggi nantinya, namun akan sangat baik untuk jalannya air hujan yang jatuh ke atap. Lisplang beton dapat berfungsi juga sebagai talang horisontal untuk pembuangan air hujan.

Jendela rumah saya buka lebih lebar, sehingga matahari dapat masuk lebih banyak. Juga ketinggian kusen saya naikkan menjadi 240cm dan tetap menambahkan ventilasi di atas kusen-kusen jendela dan pintu yang berfungsi sebagai sirkulasi udara menyilang ( cross

ventilation). Anda juga boleh atau sah-sah saja menebalkan dinding, agar bangunan terlihat lebih kokoh dan sesuai dengan karakternya sebagai bangunan klasik.

Fasad lantai 1 sedikit saya ubah untuk memperkuat karakter klasik art deco, bay window kecil yang sudah ada saya buat menjadi lebih besar sehingga pandangan ke luar menjadi lebih luas dan fungsinya sebagai ruang keluarga akan menjadi lebih terasa. Anda bisa membuat bay

window sofa mengikuti bentuk lengkungan dinding untuk menciptakan ruang keluarga yang lebih hangat dan akrab.

Atap rumah yang lebih tinggi sudut kemiringannya diharapkan dapat mengalirkan udara panas lebih baik, terutama dengan adanya lubang ventilasi di bagian depan dan belakang rumah. Jendela di void juga besar-besar dan terang, sehingga pada siang hari Anda tidak perlu menggunakan cahaya buatan. Keuntungan dari rumah Anda yang menghadap ke selatan adalah rumah Anda tidak terlalu panas.

Ibu Indah, semoga usulan perubahan tampak ( FACE LIft) ini dapat berkenan untuk Anda.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Anda punya masalah seputar pengembangan rumah? Layangkan pertanyaan sejelas mungkin dan sertakan denah asal rumah ke RUMAH melalui surat ke alamat Jl. Raya Panjang No. 8A Gedung Unit 1 Lt 6 Jakarta 10270 atau melalui

e-mail di redaksi@tabloidrumah.com. Cantumkan kata “Konsultasi” pada amplop surat atau judul e-mail.

TAMPAK AWAl

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.