UBAH DAPUR SEMPIT JADI LEBAR

Setelah diperluas, aktivitas memasak di dapur pun jadi lebih nyaman.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com FOTO DOK. TOTAL RENOVASI

Memperluas dapur menjadi fokus utama saat merenovasi rumah yang berlokasi di kawasan Cakung, Jakarta Timur ini. Pemilik rumah merasa dapur yang dibuat oleh pengembang terlalu sempit. Sehingga, ruang gerak yang dibutuhkan saat melakukan aktivitas memasak jadi tidak bebas, senggol kanan-kiri. Untuk itu, pemilik rumah meminta Rudy Setiady, arsitek dan desainer interior dari Total Renovasi, untuk merenovasi dapur dengan cara memperluas dapurnya.

Selain memperluas ruang, sirkulasi udara juga tidak luput dari perhatian Rudy ketika mendesain dapur ini. Meski pintu dan jendela lama dibongkar, ia tetap membuat pintu dan jendela baru untuk tempat sirkulasi udara dan pencahayaan di dapur. Jendela dapur bermodel bukaan dua dipilih sebagai tempat keluarmasuknya cahaya dan udara. “Jadi ketika memasak, asap bisa langsung keluar. Adanya kaca jendela juga membuat dapur jadi terang,” kata Rudy.

Di samping sisi kenyamanan, unsur keindahan juga tidak luput diperhatikan. Mengambil konsep modern, dapur dirancang dengan desain yang simpel dan pilihan warna serba cokelatputih. Agar tidak monoton, dihadirkan aksen berupa keramik bertekstur yang dapat dilihat di bagian backsplash

nya. “Kami memilih backsplash keramik yang bertekstur karena selain mempercantik tampilan dapur, keramik juga gampang perawatannya,” tutur Rudy.

MenaMbah PeMbatas

Selain dapur, Rudy juga menambah partisi yang letaknya di antara ruang tamu dan ruang keluarga. Penambahan partisi ini untuk membuat batas antara ruang tamu dan ruang keluarga sehingga ruang keluarga terkesan lebih privat. Agar tidak terkesan masif dan mempersempit ruang, Rudy membuat partisi yang tidak solid. Partisi ini terbuat dari material kayu yang dirancang dengan desain berbentuk geometris.

Rudy menerangkan bahwa sang pemilik rumah memang tidak ingin banyak melakukan perombakan dari desain awal

rumahnya. “Pemilik sudah nyaman dengan desain yang dibuat pengembang. Ia hanya ingin dibuatkan sedikit pembatas antara ruang tamu dan keluarga untuk memberi privasi,” kata Rudy yang mengaku menyelesaikan semua proses renovasi rumah ini dalam 1 bulan saja.

Mengubah taMPilan DinDing

Furnitur interior di rumah ini sejatinya sudah ada sebelum proses renovasi. Sang pemilik rumah sendiri yang membeli interior dan menatanya. Hanya, Rudy mencoba membantu mempermanis tampilan interior rumah ini dengan menata ulang dan mengubah beberapa elemen. Salah satunya dengan mengubah tampilan dinding.

Dinding rumah yang tadinya berwarna putih oleh Rudy diubah menjadi abu-abu muda. “Karena ruangannya luas, jika pakai warna putih akan terkesan lebih luas lagi dan ruang jadi tidak menarik. Makanya saya pilih warna abuabu,” ungkap Rudy. Selain itu, ia juga menambahkan beberapa wallpaper di beberapa sudut interior rumah.

Wallpaper vinyl bermotif bunga-bunga ia tambahkan di area ruang keluarga. Rudy memilih wallpaper vinyl ini karena sifatnya tahan lama, tahan air, dan mudah dibersihkan dibandingkan dengan wallpaper kertas. Selain itu, jenis wallpaper ini juga memiliki motif serta tekstur yang beragam sehingga cocok dijadikan sebagai aksen pada ruangan.

MenaMbahkan aksen

Selain mengubah tampilan dinding, Rudy juga menambah beberapa aksen menarik berwarna terang sebagai point of interest di rumah ini. Sebagai contoh, ia memberi aksen warna terang dengan menambahkan kursi berwarna merah yang diletakkan di dekat partisi antara ruang tamu dan ruang keluarga. “Jadi ketika tamu baru masuk, warna merah langsung jadi pusat perhatian mereka,” kata Rudy.

Selain itu, pemilik rumah juga meminta penambahan beberapa titik lampu serta pembuatan drop ceiling pada plafon untuk mempercantik ruang. Adanya tambahan lampu membuat ruang tampil lebih dramatis dan menarik saat malam hari. “Perubahan ini selain untuk menambah kenyamanan tinggal penghuni rumah, juga membuat rumah tampak tidak membosankan,” tutup Rudy.

LUAS LAHAN: 220m2 LUAS BANGUNAN: 229m2

Jangan ragu gunakan warna putih pada dapur. Pilih material yang mudah dibersihkan, dengan begitu dapur putih anda akan tetap bersih.

rak pajangan memiliki dua fungsi yaitu sebagai partisi sekaligus elemen aksen.

Pencahayaan juga penting untuk dapur. selain keindahan, lampu juga penting untuk keamanan saat beraktivitas di dapur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.