ALKULTURASI BUDAYA JOGJA-EROPA

Rumah - - Yang Baru - IRFAN HIDAYAT

Tahukah Anda wisata air terbesar di Indonesia ada di Yogyakarta? Wahana ini bernama Jogja Bay Waterpark (JBW) yang berlokasi di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman. Diresmikan 20 Desember 2015 lalu, objek wisata air ini berdiri di atas lahan seluas 7,7ha dan menyediakan 19 jenis wahana.

“Ada delapan ombak besar termasuk ombak tsunami yang disertai penyelamatan diri untuk setiap ombak, sehingga warga tahu bagaimana cara menghadapinya jika terjadi tsunami,” ungkap Bambang, CEO PT Taman Wisata Jogja (TWJ), pengelola JBW. “Jadi, di sini tidak sebatas wisata air saja, melainkan ada wahana edukasinya,” tambahnya.

Mengusung tema bajak laut, JBW mengacu dari waterboom yang ada di Bali dan waterpark di Orlando. “Di JWB pengunjung akan menikmati kegiatan story telling antara tradisi Jogja dengan para bajak laut Eropa yang dituangkan melalui on-site live show, karakter, water rides dan merchandise. Jadi seperti alkulturasi budaya,” ungkapnya.

Sebagai fasilitas pendukung, tempat ini menyediakan parkir yang mampu menampung 400 mobil, 30 bus, dan 1.000 kendaraan roda dua. Tak hanya itu, di sini juga disediakan shuttle bus dari kompleks parkir ke pintu masuk. Menarik, kan?

DOK. JOGJA BAY WATERPARK

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.