AWAL TAHUN 2018, BANDARA KERTAJADI SIAP BEROPERASI

Rumah - - Yang Baru - IRFAN HIDAYAT

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana meninjau Bandara Kertajadi di Majalengka, Jawa Barat, pertengahan Januari 2016 lalu. Ini kunjungan sekaligus pengecekan pertama kali oleh Kepala Negara yang didampingi Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, sejak dimulainya pembangunan tahun 2013. Bandara ini direncanakan akan menjadi pendukung Bandara Soekarno-Hatta karena terlalu padatnya jadwal penerbangan.

Pembangunannya diperkirakan akan selesai di tahun 2018. “Ya, paling cepat akhir 2017, kalau tidak awal 2018. Tanahnya sudah tidak ada masalah,” kata Ignasius Jonan. Saat ini, pembangunannya sudah masuk ke tahap pembangunan landasan pacu ( runway) sepanjang 2.500m dan lebar 60m. “Sementara, pembangunan terminalnya sambil menyusul dengan menempatkan peralatan kenavigasiannya juga,” ujarnya.

Bandara Kertajati pada tahap awal direncanakan memiliki satu landas pacu dan berkapasitas 5,6 juta penumpang per tahun. Namun demikian, sesuai rencana induk, bandara ini nantinya dilengkapi dengan dua buah landasan berukuran 3.500m x 60m dan 3.000m x 60m yang mampu menampung pesawat sekelas Boeing 747 atau Boeing 777. Kita doakan pembangunan tidak terkendala dan selesai tepat waktu.

DOK. KEMENHUB

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.