Apartemen Tengah kota VS Rumah Tapak Pinggir kota

Rumah - - Properti - WWW.FReeiMaGes.COM

Properti hunian pertama ada beberapa jenis, dua di antaranya adalah apartemen yang berada di pusat kota dan rumah tapak yang kini marak dibangun di kota satelit. Keduanya memiliki plusminus.

Apartemen tengah kota memiliki beberapa kelebihan. Pertama, dekat dengan pusat kota otomatis mendekatkan pemiliknya dengan pusat hiburan kota dan lokasi kerja. Kedua, praktis karena tidak perlu memikirkan keamanan dan pengelolaan sampah sudah tertata, serta sudah terdapat pusat jajanan sendiri dalam kompleks apartemen. Ketiga, luas ruang lebih sempit sehingga cocok untuk masyarakat urban dengan mobilitas tinggi.

Kelemahannya, ukuran apartemen terbatas dan tidak bisa memperluas yang sudah ada, tidak ada lahan untuk bercocok tanam/ berkebun, dan biaya operasional lebih mahal, seperti biaya listrik, sampah, parkir, dan sebagainya. Harga apartemen 1 bedroom di tengah kota tidak jauh berbeda dengan harga rumah ukuran standar di pinggiran kota. Selain itu, status kepemilikan apartemen masih milik bersama sampai jangka waktu yang telah ditentukan (20 tahun).

Aleviery Akbar, Associate Director Residential Sales & Leasing Colliers Internasional, mengungkapkan jenis properti ini biasanya dihuni oleh eksekutif muda, kaum profesional, karyawan swasta ( middle management), dan pengusaha kelas menengah atas hingga bawah.

Berbeda dengan apartemen, rumah tapak pinggir kota memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini keunggulannya. Pertama, dapat direnovasi. Bila Anda membutuhkan bangunan lebih luas, maka rumah tapak dapat diperluas. Kedua, memiliki lahan untuk berkebun. Ketiga, aspek privasi lebih terjamin.

Kelemahannya adalah lokasinya jauh dari pusat kota dan biaya akomodasi jadi lebih mahal jika tempat kerja atau aktivitas Anda jauh dari rumah. Untuk yang bekerja di kota, sebaiknya pilih lokasi rumah yang dekat dengan transportasi umum, seperti KRL atau transjakarta. Selain itu, berbeda dengan apartemen yang sudah ada sistem pengelolaan tersendiri, di rumah Anda harus merawat rumah seorang diri.

Aleviery mengatakan masyarakat yang umumnya tinggal di rumah tapak pinggir kota adalah karyawan swasta dan pegawai negeri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.