MeMilih Jenis Perhitungan Bunga

Rumah - - Properti -

Membeli rumah menggunakan KPR, berarti Anda harus mengetahui jenis perhitungan bunga mana yang cocok dengan Anda. Karena, perhitungan suku bunga ini akan berpengaruh pada besaran cicilan yang harus Anda bayar selama mencicil rumah secara KPR. Berikut penjelasan dan tip dari Pandji. SUKU BUNGA TETAP (FIXED)

Suku bunga tetap selama tenor pinjaman, biasanya cocok untuk yang konservatif dan ingin selalu mengontrol pengeluaran. Pilihan ini cocok untuk nasabah yang jenjang karirnya sudah tidak mungkin naik lagi, tidak ada kemungkinan untuk pindah pekerjaan, dan kenaikan penghasilan tidak lebih dari 10% per tahun.

SUKU BUNGA FLOATING

Umumnya, suku bunga di tahun pertama cukup rendah namun suku bunga di tahun berikutnya akan mengikuti suku bunga kredit. Pilihan ini cocok untuk nasabah yang yakin dalam waktu dekat ( kurang dari satu tahun) penghasilannya naik secara signifikan atau melebihi kenaikan suku bunga. Dengan begitu kenaikan angsuran cicilan utangnya tidak membebani dan sudah dapat diantisipasi sebelumnya. SUKU BUNGA FIXED 3 TAHUN LALU FLOATING

Pilihan inilah yang saat ini sering ditawarkan oleh bank. Pada pilihan ini, nilai suku bunga tetap pada durasi di 3 tahun awal. Setelah itu, nilai suku bunga akan mengambang ( floating) mengikuti suku bunga kredit. Jenis suku bunga ini biasanya cocok untuk mereka yang masih awal bekerja dan diyakini akan naik jabatan atau gaji setelah 3 tahun bekerja. Beberapa orang yang ingin melunasi KPR dengan cepat (di bawah 5 tahun) biasanya mengambil suku bunga ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.