RUMAH KELUARGA SOUW

Rumah - - Jalan-Jalan -

Berbelok ke kiri dari Vihara Tanda Bakti, Anda akan menemukan Jalan Perniagaan, yang dulu dikenal dengan nama Jalan Patekoan. Di sepanjang jalan yang padat dengan toko ini terdapat beberapa sisa-sisa bangunan Tionghoa, walaupun tidak dalam keadaan baik. Paling tidak, Anda masih bisa menemukan atap khas Tionghoa, atap dengan ujung melengkung.

Yang cukup terkenal adalah kediaman keluarga Souw, yang berada tepat di sebelah Pasar Perniagaan. Rumah yang dibangun tahun 1816 ini adalah milik Souw Siauw Tjong, yang dikenal sebagai pengusaha berjiwa sosial. Bangunan ini masih terjaga keasliannya walaupun keadaan luarnya tampak tak terurus dan bagian depannya dipenuhi kendaraan yang parkir. Interior dalam rumah ini masih terawat seperti aslinya dengan hiasan-hiasan kuno, lukisan dan foto para pendahulu, lengkap dengan meja altar untuk menghormati arwah leluhur. Namun sayangnya, rumah ini tak boleh dimasuki oleh umum.

Selain rumah keluarga Souw, di ujung jalan Perniagaan juga ada bekas toko obat Lay An Tong, toko obat tradisional Tionghoa yang amat terkenal di zaman Belanda. Sampai tahun 2010, toko obat ini masih beroperasi, tapi sekarang digunakan untuk menjual mesin jahit dan perlengkapannya. Namun, Anda masih bisa melihat bentuk bangunannya yang masih asli.

5

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.