EKSPLORASI WARNA DALAM RUMAH

Pemilihan warna terang dan kontras pada dinding rumah bisa menjadi fatal jika Anda tidak teliti dan sembarangan memilih. Simak inspirasi rumah berikut yang berhasil memadu ruang dan warna.

Rumah - - Rumah Kita - TEKS WINDA DEWANTARY windadewantary@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, YANIS RUDOLF PRATASIK

Kesan pertama kali yang muncul dibenak ketika RUMAH tiba di kediaman Rurie Wuryandari dan Salman Wisnu adalah kata sejuk. Halaman rumah ini terasa sangat hijau. Terlihat tanaman yang ada dirawat dengan baik sehingga bisa tumbuh dengan rapi. Tampak tanaman rambat tumbuh dengan rimbunnya menutupi sebagian dinding rumah ini.

Rumah yang berada di Kawasan Bintaro ini, dari luar tampak sama dengan rumah lain di perumahan itu. Namun kesan berbeda muncul ketika kami mulai memasuki area rumah. Setiap ruangan punya nuansa warna yang berbeda, namun tak terlihat saling bertabrakan.

Main Warna dalaM ruMah

Permainan antarwarna bisa dilihat dari pertama kali RUMAH menginjakkan kaki di rumah ini. Kami disambut warna hitam-merah yang ada pada teras rumah. Di sana, terdapat sofa yang dilapisi dengan warna merah, bersanding dengan meja yang berbentuk drum yang berwarna hitam.

Warna merah masih mendominasi saat kami mulai masuk ke ruang tamu yang berada di depan kolam besar. Namun, warna ini segera berganti dengan warna kuning yang terdapat ruang makan yang tergabung menjadi satu dengan dapur. Kegemaran memasak membuat Rurie— panggilan akrab pemilik rumah— banyak menghabiskan waktunya di sana. “Bagi saya, dapur adalah soul of the house. Makanya saya pakai warna kuning di situ, biar playful dan nyaman”, ucap ibu dari 3 anak ini.

Lemari es pun berwarna kuning. Tadinya, lemari es ini berwarna silver, warna standar lemari es. Karena warnanya sudah memudar, Rurie pun menempelkan stiker vinyl pada lemari esnya sehingga membuatnya menjadi salah satu center point yang cantik di ruang dapur.

Selesai menjelajahi area tengah, rasa penasaran muncul untuk melihat warna apalagi yang digunakan Rurie untuk mendandani rumahnya. Pada lantai 3, di ruang keluarga, terlihat perpaduan warna antara cokelat muda dan cokelat tua. Warna ini dipilih karena menurut Rurie, cokelat akan membuat ruang keluarga menjadi lebih nyaman, tenang, dan hangat. Supaya tidak terlihat polos, pada salah satu sisi dinding diletakkan foto sang anak yang bergaya pop-art. Foto ini dicetak oleh Rurie di salah satu stand pusat perbelanjaan di daerah Semanggi.

Masih di lantai 3, terdapat juga 2 kamar anak-anak mereka. Lagilagi, warnanya berbeda. Untuk kamar perempuan dipilih warna merah marun dan kamar laki-laki berwarna cokelat natural. Karena senang berkreasi, pada salah satu tampilan dinding kamar anak ia beri wallpaper yang sengaja dipesannya sendiri pada sebuah jasa printing, bukan dibeli di toko wallpaper. Dengan memesan di jasa printing, gambar dan warna bisa dipilih sesuka hati Rurie.

Menaiki beberapa anak tangga, kami pun sampai di kamar utama. Kamar yang didominasi dengan warna hijau ini terkesan hangat dan tenang. Lantainya yang dilapisi dengan parquet ini diberi karpet

motif yang juga berwarna hijau sebagai aksen memperindah ruang kamar. Karena keterbatasan tempat, ruang kerja Salman pun sengaja diletakkan di dalam kamar. Selain itu di sisi pojok kamar, terdapat juga sofa untuk sekedar membaca buku dengan santai.

Split level

Kenapa permainan warna berbeda di setiap ruang tidak membuatnya terlihat ramai, bertabrakan, membuat pusing? Jawabannya karena rumah ini dibuat dengan konsep split level. Dengan split level, ruang-ruang seakan “terpecah” dan terpisah, sehingga penggunaan warna berbeda tak terlalu berpengaruh.

Split level ini pulalah yang menyebabkan Rurie dan Salman memilih rumah ini. Menurut mereka, dengan split level, ruang terpisah sehingga penataan interiornya pun tidaklah sulit. Di tengah rumah terdapat void sehingga cahaya dan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Void ini juga membuat setiap ruang bisa terlihat dari ruang lain.

Beli Online

Satu hal lagi yang tampak menonjol dari rumah ini adalah kegemaran Rurie membeli barang- barang custom, yang berbeda dari kebanyakan. Beberapa barang ia beli dari toko-toko yang dicarinya via instagram atau media sosial lainnya. Seperti meja berbahan drum, hiasan dinding berbentuk gambar dengan kata unik, pajangan pada kabinet rumah, hingga cushion pada sofa di setiap ruang.

Cushion di semua ruangan pun ia buat custom dengan memesannya pada toko cushion yang bisa mendesain motif dan warna sesuai dengan keinginan pelanggan. Tujuannya, agar

cushion ini tampak serasi dengan ruangan. “Saya ini miss matching.

LUAS LAHAN:

170m2

LUAS BANGUNAN: 250m2

Penggunaan wallpaper pada dinding ruang makan dipilih dengan motif dan warna yang playful untuk menghindari kesan formal.

Memasak adalah salah satu aktifitas favoritnya, sehingga bagi rurie dapur adalah “soul”-nya sebuah rumah.

Sofa merah yang diletakkan di teras depan terasa lebih cantik dengan dipadukan meja unik yang terbuat dari drum.

Supaya tidak terkesan tinggi dan penghuninya bisa menjamah semua ruang, solusi split level sangat dibutuhkan untuk sebuah hunian. Selain itu, semua ruang antar area juga dapat terpantau satu sama lain.

Supaya tidak terkesan penuh, kamar anaknya yang kembar dibuat se-fleksible mungkin sehingga tempat tidur bertingkat menjadi pilihan tepat.

pemilihan warna merah solid pada dinding dan furniturnya dirasa paling pas untuk membuat ruang tamu mereka lebih terlihat berwarna dan menarik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.