SI HITAM PUTIH BERGAYA COUNTRY

Warna putih membuat dapur gaya country ini tak lagi terkesan gelap.

Rumah - - Interior - TEKS FOTO

RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com ABDUL HAKIM SANTOSO aya country adalah gaya dari pedesaan Amerika yang menonjolkan kehangatan dan kealamian warna kayu. Gaya ini menjadi sangat populer di Amerika dan kemudian menyebar hingga ke Indonesia. Gaya country inilah yang kemudian diadaptasi pada dapur rumah ini, namun mengalami beberapa penyesuaian. Warna cokelat kayu yang biasanya mendominasi gaya country diganti dengan warna putih. Tujuannya, agar dapur ini tak terlihat “berat” dan gelap. Warna putih juga membuat dapur country ini tetap cocok digunakan pada rumah modern. Agar ciri khas country tetap terasa, kabinet dapur dibuat dari plywood lapis cat duco yang “diberi” garis-garis vertikal sehingga menyerupai susunan kayu.

Ciri khas lain dari gaya country adalah penggunaan lekukan pada gagang, rak, dan pintu. Di dapur ini, lekukan juga diberikan, namun hanya sebatas pada ujung rak pajang. Elemen lain seperti gagang dapur dibiarkan polos agar dapur tetap terasa “ringan”.

Sebelum dapur dibuat, sang desainer menyusun daftar barang-barang yang dibutuhkan si pemilik. Dengan begini, semua peralatan—termasuk oven ini—punya tempatnya sendiri.

Meja ini berfungsi ganda, sebagai pemisah antara ruang makan dengan dapur, sekaligus sebagai rak untuk meletakkan berbagai keperluan dapur.

Ujung meja dibuat tak bersudut agar aman bagi anak-anak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.