MEMBUAT MEZANIN HinDari pEnGGunaan DaK BEton

Agar pekerjaan merancang mezanin tidak merepotkan dan bisa dilakukan di musim hujan, hindari desain mezanin yang menggunakan dak beton.

Rumah - - Laporan Utama - TEKS FOTO

IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com nda merasa dinding rumah Anda tinggi dan ingin dibuat mezanin? Buat saja! Tapi, sebelum memutuskan untuk membuat mezanin, Anda harus mengukur secara pasti tinggi dinding rumah. Idealnya, jarak lantai dasar ke mezanin adalah 2,5m. Selain itu, ukur juga jarak antar-permukaan atas mezanin dengan bagian atasnya (bisa lantai 2, plafon, atau atap). Misal, titik atasnya adalah plafon. Maka, jarak dari mezanin ke plafon harus 2,5m juga. Berarti, jarak dari lantai dasar ke dinding plafon minimalnya harus setinggi 5m. Sementara, untuk luas mezanin tergantung kebutuhan.

TAN RAHARDIAN

Yang menarik, membuat lantai mezanin tidak sama dengan merancang lantai 2. Anda tidak perlu mengecek struktur bangunan karena mezanin dapat dibuatkan struktur tersendiri. Lantainya pun tidak perlu dibuat permanen, bisa semi permanen. “Semi permanen di sini bukan berarti mezanin hanya kuat berdiri dalam hitungan bulan ya, tetapi bisa tahunan,” ucap djoko djatmiko, kontraktor perumahan dd Contractor design&Build. “Karena, material yang digunakannya pun bukan yang mudah rusak,” tambahnya.

djoko mengungkapkan bahwa material permanen buat mezanin biasanya berupa coran dak beton. Sementara, material yang disebut semi permanen adalah rangkanya menggunakan kayu atau baja ringan, serta lantainya menggunakan kayu solid, multipleks, atau kalsiplank. “Pengerjaannya pun jadi lebih simpel. Anda bisa saja mengerjakan ini di musim hujan. Selain itu, Anda tidak perlu harus mengungsi dari rumah karena rumah tidak akan sekotor saat mengerjakan mezanin dari dak beton,” ucap djoko.

arsitEK

loKasi

KontraKtor

anda dapat menggunakan mezanin untuk aktivitas apapun, seperti ruang tidur atau tempat kumpul.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.