MEMPERCANTIK PLAFON up CEilinG atau Drop CEilinG WAKTU PENGERJAAN

Saat musim hujan sering kali plafon mengalami kerusakan karena atap yang bocor. Kalau sudah begini, pilihlah material plafon yang tepat dan atasi masalah plafon dari akarnya!

Rumah - - Laporan Utama - TEKS FOTO

EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com JOU ENDHY PESUARISSA enovasi plafon yang rusak akibat bocor akan sia-sia jika titik bocor belum diatasi. “Cek dahulu atap atau genting mana yang rusak dan yang membuat air hujan masuk, baru perbaiki plafon,” kata nurrizka arsitek dan desainer interior dari va’astu Arsitektur Studio. untuk kerusakan ringan seperti noda dan jamur pada plafon, Anda bisa menghilangkannya dengan pengecatan ulang. Tetapi, jika kerusakan yang terjadi sudah besar, sebaiknya Anda lakukan penggantian plafon.

Jika Anda ingin memperbaiki plafon sekaligus mempercantik rumah, Anda bisa membuat desain plafon jenis up ceiling dan drop ceiling. Selain mempercantik, kedua desain plafon ini bisa memberikan suasana yang berbeda pada ruangan Anda.

Misalnya saja plafon drop ceiling. Plafon ini akan memberikan suasana yang akrab pada ruang, sehingga cocok diaplikasikan pada ruang makan. Lampu tersembunyi ( hidden lamp) yang biasanya diaplikasikan pada plafon drop ceiling dan up ceiling juga akan memancarkan cahaya tidak langsung yang memberi atmosfer tertentu pada ruang. Tidak ketinggalan, kedua desain plafon tersebut bisa jadi trik jitu pemisah antarruang. dengan begitu, Anda tidak perlu membuat partisi atau dinding untuk memisahkan ruangan.

Soal material, Anda bisa memilih papan gipsum untuk membuat plafon Anda. “Gipsum lebih ringan namun kuat untuk menahan beban,” ungkap Indra wibowo, Technical & Quality Manager, uSG Boral Indonesia, produsen papan gipsum Jayaboard. Indra juga menambahkan, papan gipsum mampu menahan panas dan lebih ramah lingkungan. Selain itu, pemasangannya juga bisa lebih cepat dan tidak merepotkan karena bentuknya lembaran. Tentunya, ini menjadi kelebihan menarik yang dapat mempercepat proses pengerjaan rumah Anda cepat selesai. Ruang tamu rumah tipe 45:

kurang dari 1 jam

loKasi

arsitEK & DEsainEr

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.