Membeli Tanah Status Hak Pakai

Rumah - - Properti -

Terima kasih atas pertanyaannya, Pak Epi.

Hak Pakai adalah hak untuk menggunakan dan/atau memungut hasil dari tanah yang dikuasai langsung oleh Negara atau tanah milik orang lain. Keputusan pemberiannya ditentukan oleh pejabat yang berwenang memberikannya atau dalam perjanjian dengan pemilik tanahnya (Undang-Undang No.1 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.40 Tahun 1996 Tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, dan Hak Pakai Atas Tanah (“PP 40/1996”), Hak Pakai yang diberikan atas tanah Negara untuk jangka waktu tertentu dapat beralih dan dialihkan pada pihak lain karena jual-beli, tukar-menukar, penyertaan dalam modal, dan hibah atau pewarisan. Atas hal ini, jika Hak Pakai atas tanah Negara yang Bapak maksud untuk jangka waktu tertentu, dapat dialihkan ke pihak lain. Dengan ketentuan, Bapak wajib mendaftarkannya pada Kantor Pertanahan setempat.

Untuk jangka waktu, Hak Pakai atas tanah Negara diberikan untuk jangka waktu paling lama 25 (dua puluh lima) tahun. Selanjutnya, karena setiap pemberian Hak Pakai atas tanah Negara dibuktikan dengan sertifikat Hak Atas Tanah, ada yang harus Anda perhatikan sebelum melaksanakan proses jual-beli (pengalihan hak).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.