RumAh dengAn RuAng BeRmAin

Rumah - - Konsultasi -

Saya memiliki lahan seluas 130m2, berada di hoek. Sisi kiri rumah adalah jalan setapak, sementara sisi kanannya adalah rumah tetangga. Saya ingin membangun rumah ini menjadi rumah yang nyaman untuk saya dan 3 buah hati saya, yang usianya sekitar 5-7 tahun. Mohon bantuan dari Pak Wijoyo. Adapun ruang yang saya butuhkan adalah sebagai berikut: • Ruang tamu • Ruang keluarga • Dapur • Ruang tidur utama • Ruang tidur anak (3 buah) • Ruang tidur pembantu • Area servis • Carport Yang lebih penting, saya butuh ruang bermain untuk anakanak saya karena mereka sedang aktif-aktifnya bermain. Terima kasih atas bantuan Pak Wijoyo. Salam hormat, Adnan, Palembang Salam hormat juga Pak Adnan, Rumah ini terletak di atas lahan hoek. Sebagaimana standar rumah di hoek, harus ada ruang terbuka di bagian depan dan samping. Meskipun jalan di samping merupakan jalan kecil/gang, tetap diupayakan ada ruang terbuka di samping, agar gang tidak menjadi gelap tertutup oleh dinding tinggi. Lebar lahan yang hanya 6,5m ditambah pengurangan GSB samping membuat denah rumah menjadi lebih sempit dan memanjang .

Anda memiliki anak-anak berusia 5-7 tahun yang sangat energik, sehingga membutuhkan ruang gerak untuk aktivitas bermain mereka. Keterbatasan lahan mengharuskan rumah dibuat menjadi 2 lantai, sehingga tetap menyediakan ruang terbuka di luar maupun dalam rumah. Di halaman depan masih tersedia cukup taman untuk bermain. Sementara di dalam rumah, ruang keluarga dan ruang makan yang terbuka tanpa sekat juga bisa menjadi ruang gerak bermain bagi anak-anak. Namun tentunya ada juga ruang khusus bermain dan belajar di lantai 2. Dengan begini, ruang bermain anak menjadi lebih banyak dan anak tidak bosan bermain di satu tempat saja.

denAh TeRBukA

Denah rumah secara umum adalah rumah yang terbuka dengan bukaan-bukaan besar untuk memudahkan sirkulasi udara dan sinar matahari. Bahkan void tangga juga dibuat terbuka dengan ataptransparan di atasnya, sehingga ruang tangga akan terang pada siang hari. Area ini juga menjadi tempat sirkulasi udara juga.

Ruang tidur utama berada di lantai 1, dilengkapi dengan kamar mandi pribadi. Ruang tamu cukup berupa foyer dengan kursi dan sofa sederhana, karena sebagai keluarga muda Anda biasanya jarang menerima tamu. Kalaupun ada tamu biasanya hanya keluarga dekat atau kerabat, yang pastinya lebih nyaman diterima di ruang keluarga.

Namun agar ruang keluarga terjaga privasinya, antara foyer dengan ruang makan/ruang keluarga Anda dapat memasang partisi untuk menghalangi pandangan langsung.

Ruang tidur anak-anak berada di lantai 2. Hal ini disengaja, karena seiring berjalannya waktu anakanak juga akan menjadi besar. Pada saat itu, mereka sudah terbiasa tidur mandiri, tidak perlu lagi pindah kamar. Saat ini, kamar anak yang besar dan kecil masih digabungkan, namun nantinya, saat butuh

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.