MASAK SEHAT TANPA MINYAK

Kenapa harus takut makan gorengan, kalau sekarang ada produk canggih untuk menggoreng makanan Anda tanpa harus menggunakan minyak?

Rumah - - Halaman Depan - TEKS WINDA DEWANTARY windadewantary@gmail.com

Banyak orang Indonesia yang lebih menyukai makanan yang digoreng dibandingkan makanan yang direbus atau dikukus. Rasa renyah pada makanan yang digoreng menghadirkan cita rasa tersendiri, sehingga membuatnya lebih nikmat disantap. Sayangnya, di balik rasa enak makanan yang digoreng, ada ancaman yang tidak baik untuk kesehatan. Minyak yang dipakai saat menggoreng menimbulkan risiko penyakit kolesterol tinggi, stroke, juga diabetes. Apalagi minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah berkali-kali digunakan. Sulitnya mengubah kebiasaan menggoreng membuat produsen home appliances mencari solusi untuk permasalahan ini. Muncullah air fryer, solusi menggoreng tanpa minyak.

Apa itu Air Fryer?

Air fryer adalah teknologi modern dalam segi masak memasak. Anda bisa menggoreng tanpa menggunakan minyak. Sama sekali. Alat masak modern ini mampu mengahasilkan masakan dengan sedikit lemak dibandingkan jika Anda memasak menggunakan penggorengan konvensional.

Kenapa bisa begitu? Alat ini bekerja dengan menggunakan putaran sirkulasi udara panas di dalamnya. Udara panas ini akan memanaskan “mangkuk”. Mangkuk inilah yang berfungsi sebagai “penggorengan”. Panas dari mangkuk inilah yang membuat makanan di dalam air fryer dapat terasa renyah tanpa harus digoreng menggunakan minyak.

Anda juga dapat mengatur sendiri suhu dan tingkat kematangan masakan Anda dengan menekan tombol yang tersedia. Anda tidak perlu khawatir masakan akan gosong ketika sedang digoreng, karena pada air fryer terdapat indikasi suara jika makanan telah selesai dimasak.

Selain untuk menggoreng, air fryer juga memiliki fungsi yang lain, yaitu dapat digunakan juga untuk mengukus, memanggang, bahkan membakar bahan makanan. Bahan makanan yang dapat dimasak dalam air fyer juga beragam. Anda dapat menggunakannya untuk menggoreng kentang, aneka nugget, pempek, ayam, daging dan aneka gorengan lainnya serta memanggang kue.

Berikut ini beberapa produsen yang mengeluarkan produk air fryer:

FOtO: www.philips.com

OXONE

Tipe : OX-199 Kapasitas : 2,2 liter Daya : 1.300 watt Harga : Rp1.495.000

KUCHE

FOtO: www.pricearea.com

Tipe : K-800 D Kapasitas : 2,5 liter Daya : 1.500 watt Harga : Rp4.290.000

PHILIPS

FOtO: www.philips.com

Tipe : HD 9220 Kapasitas : 800gr Daya : 1.425 watt Harga : Rp4.125.000

MAYAKA

FOtO: www.hargamurah.com

Tipe : AF-5010 CN Kapasitas : 4 liter Daya : 1.000 watt Harga : Rp2.090.000

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.