Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Membersihkan rumah menjadi proses panjang dan keras yang harus dilalui para korban banjir. ini dia cara membersihkan rumah pasca banjir.

Rumah - - Serba Serbi - TEKS irfan Hidayat irfan@tabloidrumah.com FOTO Jou endHy pessuarisa

Banjir mulai melanda banyak kawasan di Indonesia. Jika dulunya banjir identik dengan Jakarta, kini bencana ini kian merambah banyak kawasan di Indonesia. Pembangunan gedung dan perumahan yang tidak terencana, ditambah lagi dengan drainase kota yang dibuat asalasalan, menjadi sumber utama banjir melanda banyak kawasan. Selain itu, kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, terutama membuang sampah ke sungai atau selokan, masih dibilang minim. Permasalahan yang kompleks ini, tak ayal membuat banyak tempat selalu kebanjiran saat musim hujan tiba.

Banjir jangan jadi sebuah hal yang lumrah. Pemerintah seyogianya mencari jalan keluar akan masalah ini. Begitu pun dengan masyarakat yang harus selalu tanggap dan senantiasa menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Karena, banyak kerugian yang diterima akibat rumah terendam banjir, mulai harta benda, ancaman kesehatan, hingga nyawa taruhannya. Seperti kasus terbaru di Medan, Sumatera Utara, Aqila Aldera Ardana seorang bocah balita yang meninggal dunia pada Senin (8/2) karena terseret banjir.

Tak hanya itu, Anda yang rumahnya terendam banjir harus dihadapkan pada pekerjaan rumah yang tidak ringan, seperti membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah. Membersihkan rumah menjadi proses panjang dan keras yang harus dilalui para korban banjir. Lantas, bagaimana cara terbaik membersihkan rumah pasca terkena banjir? Ini dia 3 hal yang biasanya menjadi prioritas di dalam rumah yang harus dibersihkan pasca banjir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.