Membersihkan Peralatan dari Bahan stainless steel

peralatan stainless steel memang jadi favorit banyak orang. tapi kalau sudah berkarat pasti tidak menarik lagi. ini dia beberapa tip membersihkan karat pada stainless steel.

Rumah - - Bersih-bersih - TEKS eMilia nuriana emilianuriana@gmail.com FOTO Jou endHy pesuarissa

Hampir semua peralatan di dapur biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Sebut saja sendok, garpu, hingga peralatan memasak seperti wajan dan panci. Tak hanya di dapur, bahan stainless steel juga biasa ditemui di kamar mandi. Misalnya pada keran air dan gagang shower. Bahan stainless steel banyak dipilih orang karena tahan lama, antikarat, dan tampilannya yang lebih cantik daripada bahan aluminium maupun tembaga.

Meski dikenal sebagai bahan antikarat, bukan berarti peralatan yang terbuat dari stainless steel tidak akan pernah mengalami karat. Bahan stainless steel yang sering tertutup minyak saat memasak ataupun berada di tempat lembap, seperti kamar mandi, akan rentan berkarat. Kalau sudah begini, barang berbahan stainless steel tidak akan tampil indah lagi dan berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, Anda perlu melakukan pembersihan untuk menghilangkan noda karatnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membersihkan karat dari benda stainless steel. Yuk simak tipnya!

CUKA

Noda karat pada gunting, sendok, dan garpu bisa Anda hilangkan dengan merendam benda-benda tersebut di dalam cuka. Rendam benda stainless steel selama satu malam di dalam cuka lalu kikis noda karat yang ada. Waktu perendaman bisa Anda perpanjang agar hasilnya lebih maksimal.

JERUK NIPIS

Jeruk nipis memang sering digunakan sebagai campuran sebagai bahan permbersih peralatan dapur. Untuk membersihkan karat, taburkan garam di atas noda karat lalu rendam di air perasan lemon atau jeruk nipis. Setelah direndam semalaman, kikis noda karat.

MINUMAN Kola Bersoda

Karat pada bahan stainless steel juga bisa rontok dengan merendamnya di minuman kola bersoda. Caranya dengan menuangkan minuman kola bersoda ke panci atau wajan yang berkarat, diamkan selama 30 menit. Kemudian cuci panci dan wajan tersebut dengan air dan sabun.

BAKING soda

Baking soda terkenal bisa membersihkan berbagai macam benda, termasuk yang berbahan stainless steel. Caranya, campurkan baking soda ke air dengan komposisi baking soda lebih banyak dari pada air. Hal ini dilakukan agar terbentuk bahan yang berupa pasta, sehingga baking soda bisa bekerja lebih maksimal. Oleskan pasta baking soda ke bagian yang berkarat, lalu gosok dengan sikat atau sabut baja.

Pasta gigi

Karat pada keran air dan shower berbahan stainless steel bisa Anda hilangkan menggunakan pasta gigi. Oleskan pasta gigi, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan menggunakan spons.

Penghilang Karat

Kelima cara menghilangkan karat di atas lebih ampuh pada noda karat ringan. Jika karat pada benda stainless steel Anda sangat banyak, sebaiknya gunakan bahan khusus penghilang karat yang bisa Anda beli di supermarket. Karat pada stainless steel akan lebih mudah rontok dan hilang dari benda stainless steel kesayangan Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.