5 TIP SEPUTAR TANAMAN GANTUNG

Tanaman gantung memiliki keindahan tersendiri pada halaman rumah. ini dia beberapa tip yang bisa anda ikuti agar tanaman gantung di rumah selalu indah.

Rumah - - Eksterior - TEKS eMilia nuriana emilianuriana@gmail.com FOTO yannis rudolf pratasik

Jika halaman Anda tidak cukup luas untuk menanam tanaman hias di tanah, tanaman gantung di pot bisa jadi solusinya. Ada beragam tanaman gantung yang bisa Anda pilih untuk menghiasi halaman rumah. Mulai dari tanaman ivy, anggrek, begonia, bunny tail, dan masih banyak lagi. Karena tanaman ini ditanam pada pot yang menggantung, perawatannya sedikit berbeda dari tanaman yang ditanam di tanah. Ini dia beberapa tip seputar tanaman pot gantung!

1 JENIS TANAMAN Tanaman gantung ada berbagai jenis mulai dari yang menjuntai seperti tanaman ivy atau yang berbunga indah seperti begonia. Saat memilih tanaman gantung, jangan lupa perhatikan cuaca di sekitar rumah Anda. Tanaman gantung yang berbunga cocok jika Anda tinggal di wilayah dengan suhu udara relatif dingin karena bunga akan lebih sering mekar. Sebaliknya, jika Anda tinggal di wilayah yang panas, maka pilihlah tanaman gantung berdaun seperti bunny tail dan ivy.

2 POT YANG TEPAT Pilihlah pot yang terbuat dari plastik karena lebih ringan dan banyak modelnya. Anda juga bisa memilih pot yang terbuat dari tanah liat karena pot jenis ini bisa menjaga kelembapan tanah lebih baik. Akan tetapi, Anda harus rajin membersihkan pot tanah liat karena rentan ditumbuhi lumut. Selain pot, perhatikan pula jenis tali untuk menggantung pot. Gunakan tali yang kuat menahan beban. Anda bisa memakai tali kawat atau tali plastik khusus untuk menggantung pot. Jenis tali biasanya disesuaikan dengan beban pot yang akan digantung.

3 SINAR MATAHARI Jenis tanaman hias yang biasa ditanam pada pot gantung biasanya termasuk tanaman yang butuh banyak sinar matahari. Terlebih jika tanaman gantung milik Anda adalah tanaman gantung berdaun. Daun-daun pada tanaman tersebut akan butuh sinar matahari untuk mendapatkan makanan dari fotosintesis. Tapi ada juga jenis tanaman gantung yang tidak bisa terkena sinar matahari langsung, misalnya begonia. Sebaiknya, letakkan Begonia di tempat yang teduh namun masih mendapatkan sedikit sinar matahari.

4 AIR Siram tanaman gantung minimal 1 kali sehari. Saat penyiraman, Anda akan dihadapkan pada masalah genangan air yang mengalir dari lubang pot tanaman gantung. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menurunkan dahulu tanaman gantung ketika akan disiram. Trik lainnya adalah menggunakan batu es untuk menyiram tanaman gantung. Es akan mencair perlahan-lahan sehingga aliran air akan meresap ke tanah di dalam pot secara perlahan juga. Dengan begitu, genangan air pun tidak ada lagi.

5 PUPUK Seperti merawat tanaman lainnya, jangan lupa memberi pupuk pada tanaman gantung minimal sebulan sekali. Selain menyuburkan pohon, tanaman gantung jenis berbunga akan mengeluarkan lebih banyak bunga jika rutin diberi pupuk. Saat penanaman awal, pilih jenis pupuk kandang yang dicampurkan ke dalam tanah dan humus dengan perbandingan 1:1:1. Pupuk kandang dinilai lebih bagus untuk pertumbuhan awal tanaman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.