Pakai Furnitur Serba-Lipat

Selain membuat dapur terlihat lega, furnitur lipat juga membuat dapur tampak ringkas.

Rumah - - Laporan Utama - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK, HANY

Sesempit apapun apartemen, kehadiran dapur harus tetap diprioritaskan. Dari sinilah hidangan nikmat tercipta. Namun, ukuran apartemen yang kecil memang membuat Anda harus berpikir ekstra untuk merancangnya. Sedikit barang berlebih, bisa membuat dapur terasa sesak dan semakin sempit.

Dapur juga perlu ditata sebaik mungkin. Di sana ada sekian banyak barang yang harus ditempatkan. Dengan begitu, Anda mesti pandai-pandai merancang dapur sehingga dapat menampung segala peralatan dapur.

Menurut Wijoyo Hendromartono, dapur pada apartemen kecil biasanya menjadi satu dengan ruang makan. Oleh sebab itu, desain dapur juga harus merupakan dapur bersih yang efisien dan praktis. Kitchen set perlu didesain seefisien mungkin untuk bisa menyimpan peralatan dapur, namun tetap nyaman untuk dipergunakan memasak.

Untuk apartemen yang benar-benar sempit, umumnya banyak menggunakan desain dapur single line. Desain ini hanya menggunakan satu dinding untuk menampung semua kegiatan, mulai dari menyimpan hingga mengolah makanan. Desain ini adalah yang paling sederhana dan tidak terlalu memakan banyak tempat.

Namun, dapur single line tidak dapat menampung terlalu banyak benda. Alhasil, banyak peralatan dapur yang tidak tertampung. Menurut Wijoyo, Anda dapat membuat kabinet sampai ke langit-langit agar dapat dijadikan sebagai ruang penyimpanan.

Sebaiknya, Anda juga memilih furnitur yang dibuat khusus agar dapat mengoptimalkan fungsinya. Misalnya, dengan menggunakan furnitur lipat pada meja makan yang terintegrasi dengan dapur. Selain terlihat lebih rapi, furnitur ini tampak lebih ringkas. Selamat mencoba!

lokasi ApARtMEN NiffARO, pASAR MiNggu, JAkARtA SELAtAN. DesaineR LAviNA tAuRiNA, viE’S iDEA fuRNituRE, fB: viE’S iDEA fuRNituRE

Gunakan cermin pada dinding agar dapur terlihat lebih lega.

Meja lipat ini dapat Anda gunakan sewaktu-waktu bila membutuhkan area makan yang lebih besar.

Buat kabinet dapur hingga menyentuh plafon.

Simpan semua peralatan dapur di dalam kabinet agar dapur tampak rapi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.