Cermin Membuat Luas

Ruang keluarga yang sempit tetap dapat Anda sulap menjadi luas, lho. Berikut inspirasinya!

Rumah - - Laporan Utama - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK, HANY

Ruang keluarga di apartemen cenderung mungil karena keterbatasan luas ruangan. Bahkan, karena sempit, tak jarang penghuni menggabungkan beberapa fungsi ruang lainnya, seperti ruang tamu atau ruang menonton TV. Agar ruangan tetap berfungsi maksimal meski berada di lahan terbatas, Anda perlu menyiasatinya melalui penataan, pemilihan furnitur yang tepat, atau pintar-pintar dalam memilih warna.

Menurut Wijoyo Hendromartono, arsitek dari SDA Studio, ruang keluarga yang biasanya menyatu dengan ruang makan sebaiknya menjadi ruang terbuka, tidak perlu diberi penyekat. Penyekat justru akan membagi dan memperkecil ruangan. Minimnya penyekat membuat ruangan terlihat lebih luas.

Cara lain untuk menyiasati ruang keluarga yang sempit adalah peletakan furniturnya. Menurut Fadli Sirajuddin, arsitek dan desainer interior dari A+ PLAN, letakkan furnitur dengan posisi memanjang atau menempel pada dinding. Hal ini untuk menghindari adanya posisi furnitur yang menghalangi area sirkulasi.

Fadli juga menyarankan untuk menempatkan cermin besar di salah satu sisi dinding yang ada. Hal ini berfungsi untuk memberikan kesan luas sebab ruang ini yang nantinya akan digunakan untuk menerima tamu dan anggota keluarga dalam jumlah banyak.

Lokasi kediaman SURYadi OemaR-ROSneLLY, apaRtmen L’avenUe, paSaR minggU, JakaRta SeLatan DEsaiNER iNTERioR HUSni kHOtami, LYa-LYa FURnitURe

Penambahan cermin pada salah satu dinding sangat dianjurkan untuk membuat ruang serasa bertambah. Efek ilusi yang dihasilkan cermin mampu membuat ruangan terkesan luas.

Furnitur berwarna cerah membuat ruang terlihat lapang.

Maksimalkan fungsi ambalan pada kabinet TV untuk meletakkan barangbarang.

Pilih wallpaper dengan corak dan warna yang lembut agar ruangan tampak hangat.

Sofa bed dapat digunakan di ruang keluarga agar kegiatan menonton TV menjadi nyaman. Gunakan sofa bed dengan dua atau tiga dudukan supaya tidak menghabiskan tempat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.