Gabungkan dengan Area Lain

Karena ruang yang terbatas, ruang ini mau tak mau menyatu dengan ruang lain. Bagaimana caranya agar tak terlihat berantakan?

Rumah - - Laporan Utama - TEKS Rahma Yulianti rahma@tabloidrumah.com FOTO YANIS RUDOLF PRATASIK

Walau terlihat sepele, ruang cuci-jemur merupakan salah satu problema yang paling sering dikeluhkan para penghuni apartemen. Pasalnya, di apartemen mungil tak tersedia ruang khusus untuk melakukan pekerjaan mencuci dan menjemur.

Mau tak mau, urusan mencuci dan menjemur mereka lakukan di kamar mandi ataupun di balkon. Menurut Lavina Taurina, area mencuci memang tak jadi masalah jika digabungkan dengan area lain seperti dapur atau kamar mandi. Namun sebaiknya, agar rapi, semuanya disembunyikan di balik pintu lemari atau dibuatkan rak khusus.

Senada dengan Lavina, Fadli Sirajuddin menyarankan untuk memanfaatkan kitchen set sebagai area servis. Artinya, mesin cuci dan meja setrika digabungkan di kitchen set. Mesin cuci dapat diletakkan di salah satu sisi kitchen set dengan membuatkannya rak khusus, sementara meja setrika dibuat dengan menggunakan teknik meja lipat.

Tentang masalah penyimpanan, Lavina menyarankan untuk memanfaatkan semua sudut yang ada sebagai lemari penyimpanan. Area di atas mesin cuci, di bawah wastafel, di balik pintu tak boleh dibiarkan begitu saja, semua harus digunakan.

Lokasi ikeA iNdoNeSiA, ALAM SuTerA, TANgerANg

Manfaatkan bagian bawah wastafel untuk laci penyimpanan.

Agar rapi, gunakan tirai yang dapat dibuka-tutup.

Gunakan juga bagian atas mesin cuci untuk penyimpanan. Anda bisa menggunakan lemari atau jika ingin yang lebih praktis, guanakan ambalan seperti ini.

Pilih mesin cuci front loading atau paling tidak mesin cuci up loading satu tabung.

Gunakan pelapis dinding warna terang sehingga kamar mandi tetap terlihat lega

Lokasi ikeA iNdoNeSiA, ALAM SuTerA, TANgerANg

Manfaatkan ruang sisa antara wastafel dan pintu dengan membuat sebuah lemari. Jika lemari ini akan Anda gunakan sebagai tempat meletakkan alat-alat pembersih, Anda dapat meniadakan rak-rak di dalamnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.