Rumah balkon Di lahan TRapesium

Rumah - - Konsultasi -

TDear Pak Wijoyo Hendromartono. Saya dan keluarga dari dulu ingin sekali mempunyai rumah modern yang nyaman karena itu kami ingin merenovasi rumah kami sekarang ini. Rumah kami ini terletak di lahan yang mengecil ke belakang (sebagaimana terlihat di denah).

Mohon bantuan Bapak Wijoyo untuk mendesain renovasi rumah kami sehingga kemiringan tidak begitu terlihat dan rumah kami ini menjadi rumah yang nyaman dengan sirkulasi udara yang baik. Rencana renovasi adalah sbb.

• Carport/ garasi untuk 2 mobil

• 1 ruang tidur utama

• 1 ruang tamu

• Dapur

• Kamar mandi • Ruang salat

• Taman kecil di belakang

• 3 ruang tidur anak • Ruang tidur pembantu

• Ruang santai

• Area servis Saya ingin rumah ini punya taman kecil di belakang dan juga balkon di lantai atas sehingga kami dapat duduk-duduk di balkon. Terima kasih, adrian

JBapak Adrian Yth, Terima kasih untuk pertanyaannya. Memang ketidaknyamanan rumah di lahan berbentuk trapesium adalah akan adanya bidang dinding yang miring. Untuk menyiasati dinding yang miring itu ada beberapa cara, salah satunya adalah dengan memberikan jarak atau ruang terhadap dinding miring tersebut. Dengan adanya jarak terhadap dinding miring, penyempitan ruang bisa tersamarkan. Beri warna terang atau lebih terang dari dinding lainnya, karena warna gelap akan menjadikan ruang yang menyempit akan terasa semakin sempit nantinya.

Untuk rumah yang memiliki lahan luas, ruang antara tersebut bisa dijadikan sebagai taman kecil sehingga bangunan bisa tetap berdinding lurus. Namun untuk rumah di lahan terbatas agak sulit diterapkan, karena kebutuhan untuk ruang fungsional lebih diutamakan, oleh sebab itu dinding miring yang berada di dalam rumah diusahakan tidak digunakan sebagai dinding sandaran, misalkan belakang sofa, belakang tempat tidur, dsb. Ini dimaksudkan agar perletakan furnitur tidak menjadi miring dan mengakibatkan ruang terasa semakin miring. Namun Anda bisa menjadikannya sebagai dinding untuk meletakkan perabot menempel ( built-in furniture) seperti dapur atau lemari pakaian.

Untuk tampak luar atau arsitekturalnya, jarak antara dinding miring dan lurus dapat ditutup dengan atap beton, sehingga atapnya sendiri juga bisa tetap lurus. Jika atap tetap miring, penutup atap (terutama genting keramik) harus dipotong miring, sehingga dapat membuat fungsi genting menjadi kurang baik, kecuali Anda menggunakan atap datar lembaran.

Pada lantai dasar saya tidak mengubah banyak ruangan yang telah ada, selain memperbesar ruang tidur belakang dan ruang tengah, serta menambahkan kamar mandi untuk kamar mandi pribadi. Dinding dapur dibuka dan ruangan diperpanjang agar lebih lega. Ruang tengah dijadikan sebagai ruang makan yang cukup luas untuk keluarga berkumpul.

Tangga dengan konstruksi ringan dapat Anda letakkan di dinding yang miring, sehingga dapat menutupi kemiringan pada dinding. Biarkan ruangan di bawah tangga tetap terbuka, karena

ruang tertutup membuat ruang menjadi sempit.

Ruang tidur anak 2 dan 3 ada di lantai 2, di sisi sebelah kiri, sedangkan ruang salat—yang tidak memerlukan furnitur—bisa berada di atas dapur. Ruang tengah menjadi ruang keluarga yang cukup luas sehingga Anda juga tetap masih bisa mengawasi kegiatan anak-anak.

Ruang belakang lantai 2 dapat Anda jadikan sebagai ruang pembantu. Atap ruang pembantu dibuat lantai beton, yang dapat Anda jadikan sebagai ruang jemur. Bila perlu dibuat kamar mandi pembantu, yang atapnya dapat menjadi tempat tanki air, tanpa Anda harus membuat menara air khusus.

Ruang tengah kecil dapat Anda jadikan sebagai akses untuk ke balkon. Agar dudukduduk Anda nyaman di balkon, Anda bisa menambahkan kisi-kisi di bagian bawah kanopi untuk mengurangi panas matahari dan tampias hujan, terutama apabila rumah Anda menghadap ke arah matahari terbit dan terbenam.

Semoga jawaban saya dapat memuaskan Anda. Salam.

Denah sebelum

LANTAI 1

1. Carport 2. Teras depan 3. Ruang tamu/foyer 4. Dapur 5. Ruang makan 6. Ruang tidur 1 7. Ruang tidur utama 8. Kamar mandi pribadi 9. Kamar mandi 1 10. Teras belakang LANTAI 2 11. Ruang keluarga 12. Ruang sholat 13. Ruang tidur 2 14. Ruang tidur 3 15. Kamar mandi 16. Balkon 17. Ruang tidur pembantu 18. Ruang cuci dan akses

tangga ke ruang jemur

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.